Friday, August 24, 2012

9 Teknik Menghindari Pikiran Negatif

Pernahkah Anda berfikir negatif? Terutama ketika terjadi hal diluar rencana, kita dengan mudah akan merasa depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dari kejadian tersebut.

Berfikiran negatif tidak membawa kemana-mana, kecuali membawa perasaan tambah buruk, yang akan berakibat performa kita mengecewakan. Hal ini akan bisa menjadi seperti lingkaran yang tidak berujung.


9 Teknik Menghindari Pikiran Negatif

Jessica Padykula menyarankan sembilan teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif yaitu:

1. Hidup di saat ini 

Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika Anda menemukan pikiran anda akan terkungkung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hnya masa kini yang dapat kita kontrol.

2. Katakan hal positif pada diri sendiri

Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terus menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari ini, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.

3. Percaya pada kekuatan pikiran positif.

Jika Anda berfikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berfikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usaha Anda sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik.
4. Jangan berdiam diri.

Telusuri apa yang membuat Anda berfikiran negatif, perbaiki dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak dapat diperbaiki lagi, berhenti menyesal dan mengeluh karena hal itu akan menghabiskan waktu dan energi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut dan kembali maju.

5. Fokus pada hal-hal positif

Ketika kita sedang berfikiran negatif seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah misalnya lima hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti hari yang cerah atau makan siang hari ini menakjubkan dengan seseorang.

Selama Anda konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai merasa berfikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut..

6. Bergeraklah

Berolahraga akan melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan mengelilingi blok atapun berlari 10 kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita lebih baik. Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga 15 menit dapat membuat Anda merasa lebih baik.

7. Hadapi rasa takutmu.

Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.

8. Coba hal-hal baru.

Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan “ya” pada kehidupan, Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Pengalaman baru, kecil atau besar membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.

9. Ubah cara pandang

Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan dan dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

Demikian dan semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.




sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment