Sunday, September 2, 2012

Cara Menguji / Tes Emas

Untuk Mengenal emas sebenarnya caranya mudah, karena memang emas mempunyai warna yang khas, Yaitu warna kuning emas. Dalam hal menguji / mengetes emas, orang yang sudah biasa melihat emas tidaklah sulit untuk menentukan keasliannya, cukup dilihat, diraba, ditimbang atau baunya pun sudah mengerti, namun demikian bagi orang awam cara menguji / mengetes emas bisa sangat sulit. Masalah akan bertambah jika harus menguji / mengetes emas di sisi bagian dalamnya. Seorang teman yang sudah malang melintang di dunia pertambangan dan jual beli emas berkata bahwa dia seperti sudah memiliki feeling tertentu, mungkin semacam kemampuan mendeteksi aura atau getaran energi dari logam emas itu ya...

Tetapi terlepas dari cerita dia benar atau tidak, sebenarnya cara mengetes / menguji  / mendeteksi keaslian perhiasan emas atau sebongkah emas ada beberapa cara (9 cara) :

1. Cara Paling Baik, Kalau kita membeli emas atau emas putih pada toko emas manapun, pastikan anda mendapat surat toko emas yang anda beli, kadangkala kita masih kawatir dan perlu meyakinkan hal tersebut, maka cobalah pergi ke toko emas lainnya atau ke pegadaian dan minta mereka mengujinya, jika ternyata yang anda beli itu bukan emas, maka segera lapor kantor polisi terdekat. Inilah cara terbaik, sepanjang toko emas yang emasnya anda beli dan toko yang anda minta tolong uji emasnya tidak memiliki hubungan, maka anda akan mengetahui kebenaran dan kemurnian dari emas yang anda beli. Keluar sedikit uang untuk itu gak apa-apa yang penting hati tenang...
Lebih baik lagi kalau anda membawa emas milik anda ke Logam Mulia - PT. Aneka Tambang, atau Sucofindo dan institusi lain yang peralatan uji-nya lengkap dan modern.
alamat Toko Emas Via Google : Toko Emas-.....(nama daerah anda)....
Kalau mau beli online banyak alamatnya, tapi yang sudah teruji disini........
2. Dengan Uji gosok pada batu hitam/batu asah, kemudian ditetesi zat kimia. Air uji yang digunakan adalah Asam Nitrat, Asam Klorida, dan campuran keduanya yang disebut air raja. gores sedikit saja emas yang akan di uji pada batu hitam (contoh batu asah), emas asli atau emas putih sekalipun, akan keluar warna kuning keemasan, bukan putih.

  •  Teteskan Asam Klorida (HCL) hydrochloric acid, pada goresan emas / emas putih pada batu hitam tersebut, jika hilang ia bukan emas.
  •  Teteskan Asam nitrat (NaOH) pada goresan emas / emas putih (pada batu hitam), untuk mengetahui kualitasnya.
Penjelasan lengkap cara uji dengan zat kimia ini detailya ada di link ini, silahkan klik " Menguji / Test / Analisis Emas Dengan Zat Kimia Dan Batu Uji "

Beli asam klorida dan asam nitrat ? gak usah capek-capek nyari, ada yang lengkap dan murah nih 
3. Jatuhkan emas pada lantai keramik / semen. Bunyi emas akan nyaring melengking "...tinggg..." dibanding bunyi logam lainnya seperti besi, besi biasanya berbunyi "....buukk...." atau sejenisnya...yang ini nih mesti di uji coba sendiri, pastikan kuping anda sehat sebelum mencobanya hehehehe....pengalaman saya dulu sering pergi mencari koin kuno di Jalan Surabaya, sang penjual akan menjentikkan / menyentil koin perak / emasnya, jika berbunyi melengking halus, berarti dia perak / emas, otherwise..ya silahkan berikan pada anak atau ponakan anda untuk koleksi dia...
Mau belajar membandingkan koin emas / emas batangan dengan logam biasa ? ya harus punya emas / koin emas perak dulu donk...
4. Ditempa, kalau anda nggak sayang dengan emas anda, maka anda bisa mengujinya dengan cara ditempa. Emas yang asli, biar dipukul dengan palu sekalipun tidak akan pecah tapi ia akan melebar dan memanjang, emas bisa di bentuk menjadi lembaran kawat (seperti kawat serabut kabel listrik) dengan tingkat kehalusan yang paling halus dibanding seluruh jenis logam lainnya. jika anda lihat serabut kawat listrik rumah anda, maka emas bisa ditempa menjadi lebih halus lagi dari kawat tembaga yang anda lihat.

Dimana alat tempa bisa didapatkan ? cari saja plat besi dan palu besi biasa, itu juga cukup kok...

5. Bau wangi dari emas itu khas, dan emas sejauh yang saya tahu, adalah satu-satunya logam yang mengeluarkan bau wangi, tapi susah untuk mengetahui wangi emas itu kalau ukuran emasnya sebesar perhiasan-perhiasan biasa atau kalau emasnya bukan emas murni. Bagi yang sudah pernah memegang emas murni 24k atau 999 persen  yang berbentuk gold bar atau koin berukuran besar, akan mengetahui bau wangi khas dari emas.

6. Pengujian dengan Gold Tester model jarum, Yaitu alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan, alat ini mudah digunakan namun hanya bisa mendeteksi bagian luarnya, tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya. Ada yang menggunakan bantuan gel atau cairan khusus, ada yang tidak. Sebagaimana pengujian sebelumnya, cara ini harus diikuti dengan cara pengujian berat jenis di nomor 8.

Gold tester ini sebagai salah satu perlengkapan alat uji, berikut contohnya...Tri Electronics GT-4000

Penjelasan lengkapnya disini  http://www.moneygolddiamond.com/2012/06/menguji-emas-dengan-gold-tester.html

7. Menguji dengan X ray gold tester. Ini versi terbaru cara menguji emas, lebih akurat dan tidak merusak emas / perhiasan emas yang di uji. Saat ini terbagi dalam 2 jenis umum yaitu :
  •  XRF (X-Ray Fluorescence Analysis technology). Dengan 2 model pemakaian :
          Table Top XRF  :
          More accurate than acids above and it's non-destructive.
          Disadvantages: they are large and heavy, relatively slow to use, will not test through heavy plating, and require careful setting up and regular maintenance.    
          Handheld XRF  :
          Within a few seconds a breakdown of the chemical composition appears on the screen. They are easy to use and require no setting up other than selecting the correct profile on the touch-screen.
          Disadvantages: they can only test through very thin plating, in other words you still have to file the item; although they do not involve acid, they use x-rays (highly dangerous if pointed at someone).


  • Inductively coupled plasma (ICP) spectrometry : 
        Alat test paling canggih saat ini. Terdiri dari High Vacuum System, High Energy Electron, dan detektor sinar X.
         Keuntungannya :
 - Low initial costs
 - Minimal upkeep and operational costs
 - Non-destructive analysis
 - Fast results (60 - 300 seconds)
 - Accuracy and Repeatability
 - Versatility of Applications...tergantung merk


 8. Pengujian dengan berat jenis, setiap benda mempunyai berat jenis atau SG (specifik gravity). Emas dapat dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya. Berat jenis adalah Masa Zat itu dibagi Volumenya. Ini cara uji emas paling mudah bagi masyarakat awam.

Prosedur pemeriksaan dengan berat jenis adalah pertama kita tentukan berat emas kering ( ditimbang diatas timbangan ), kemudian kita tentukan berat emas jika ditimbang dalam air ( Berat Basah). Berat kering - Berat Basah = Volume. Jadi Berat jenis = berat kering/(berat kering-berat basah). Setelah kita tahu Berat jenisnya kita tinggal lihat tabel untuk mengetahui karatasenya.








sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment