Saturday, October 13, 2012

Cerita Netek Puting Susu Ibu

Sering saya mendengar orang mengeluh tentang moda transportasi umum/massal di Jababeka (Jakarta - Banten - Bekasi). Terutama di saat jam-jam sibuk. Saya bakal puasa kentut kalo gak ada warga Jakarta, dan para komuter tentunya, yang gak pernah komplen. Mengeluh mulai dari bau ketek jutaan rupa dari bau kari sampai bau CK (mending kalau bau parfum Calvin Klein, yang ini mah bau Ci Kolonyo a.k.a minyak nyongnyong), bau kentut dari rasa pete - jengkeol - duren sampe kesemek ada kali semua, ya komplen karena sumpek, desak-desakan, jadwal yang carut marut, dijambret lah, belon lagi yang digrepe-grepe, dan banyak lagi. Saya pun termasuk salah satunya, eh bukan yang digrepe-grepe yah! Amit-amit dah! maksudnya yang komplen dan salah satu pelaku kentut (come on … kentut itu manusiawi).

Semakin komplen jadinya semakin kesel dan semakin menggerutu lalu kok ya semakin gak bisa menikmati perjalanan so akhirnya pasrah dan sabar aja lah. Ya emang begini nasib jadi warga Jakarta. Terima dengan lapang dada wong memilih hidup dan mengadu nasib di Jakarta.

Namun setelah sekian lama saya menjadi warga ibukota saya justru sangat menikmati menjadi penumpang angkutan umum (bis, kopaja, mikrolet, transjakarta, hingga kereta) selain karena murah meriah juga ada banyak tontonan reality show LIVE tanpa rekayasa dan tatapan mata lebay ala pemain sinetron. Penuh cerita kehidupan yang menakjubkan. Seperti pengalaman saya berikut ini.

Tahun 2011 lalu di perjalanan pulang menuju Jakarta dari Rangkasbitung saya berkesempatan melihat banyak sekali kisah kehidupan dengan menjadi penumpang kereta ekonomi. Meskipun saya harus berdesak-desakan, berpeluh keringat saking panasnya, ya apa sih yang bisa diharapkan dari menjadi penumpang kereta super ekonomi yang tiketnya sangat murah cuma seharga Rp. 2000 tapi cerita yang saya alami sungguh tak ternilai harganya dan mungkin bisa bertahan hingga 2000 ribu tahun lamanya.

Ada seorang ibu yang sibuk telepon-teleponan di kereta sementara anaknya asyik tertidur dengan posisi bibir monyong sambil netek tetek emaknya (ya iyalah masa netek di tetek ibu-ibu tetangga). Tapi saya ngerasa apa anaknya gak kegedean ya buat netek?

Tiba-tiba seorang mbak yang berdiri gelantungan di samping saya dan pas posisi berdirinya ada di depan si ibu yang lagi nyusuin anaknya itu, seolah-olah bisa membaca pikiran saya dan bertanyalah sama si emak yang teteknya gelayutan disedot sang anak (cuiiih bahasa gue setingkat di bawah stensilan … maaf ya)

“Bu … anaknya berapa taun?” Tanya si mba.
“Dua tahun 3 bulan,” jawab si ibu.
“HAH? Masih netek bu?” Tanya si mbak dengan mata terbelalak kaget. Saya juga ikutan terbelalak.
“Iya abis daripada rewel,” jawab si ibu dengan muka lempeng-lempeng ngegemesin.
“Emang mau dikasih tetek sampai umur berapa taun bu?” Tanya si mbak penasaran.
“Ya sampe bosen aje kali,” samber si ibu sambil sedikit nyengir.
“HAH? Ampe bosen? Ampe berapa taun tuh rencananya bu?” makin penasaran si mbak. Saya juga!
“Ya ampe sebelum SMP kali!” DUARRRRR!

Serasa ada bom tetek menghujam kami berdua yang cuma bisa melongo dengan mata super bulat dan mulut super nganga setelah denger jawaban si ibu. Bu … ga takut ya anaknya masih netek di saat bulu-bulu halus nan lebat mulai tumbuh di ketek?

This kind of mother deserved to be called SUPER MOM! SALUT!

Menjadi seorang ibu itu tidak mudah. Dia melahirkan, menyusui, membesarkan kita hingga kita bisa sehat dan pintar seperti sekarang ini maka sepatutnya kita sayang dan berbakti kepada ibu tapi ingat buat para ibu “JANGAN KASIH TETEK SEMBARANGAN APALAGI DI KERETA SUPER EKONOMI NANTI  TETEKNYA DICOPET!”

                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment