Tuesday, September 4, 2012

3 Pantai Terindah di Ujung Kulon

Ujung Kulon ( Taman Nasional Ujung Kulon )siapa sih yang nggak kenal dengan daerah ini, Daerah yang terkenal dengan hutannya dan banyaknya hewan yang dilindungi disana dan menjadi ciri khasnya adalah hewan badak yang dilindungi. Ujung kulon ( Taman Nasional Ujung Kulon )punya berbagai keindahan cagar alam baik itu hutannya atau gunungnya atau lautnya ataupun pantainya.

Adapun letak ( lokasi ) dan luasnya Kawasan Taman nasional Ujung Kulon secara administrative terletak di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten. Secara geografis Taman Nasional Ujung Kulon terletak antara (102°02′32″N 105°37′37″E) dan (06°30′43″N 06°52′17″E).

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 284/Kpts-II/1992 tanggal 26 Februari 1992 tentang Perubahan Fungsi Cagar Alam Gunung Honje, Cagar Alam Pulau Panaitan, Cagar Alam Pulau Peucang, dan Cagar alam Ujung Kulon seluas 78.619 Ha dan Penunjukan perairan laut di sekitarnya seluas 44.337 Ha yang terletak di Kabupaten Daerah Tingkat II Pandeglang, Propinsi Dati I Jawa Barat menjadi Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Ujung Kulon maka luas kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah 122.956 Ha.

Nah berikut ini ada 3 pantai yang indah dan mempesona yang sayang jika anda tidak mengunjunginya.

1. Pantai Ciputih

pantai ciputih ujung kulon

Pantai cantik pertama yang wajib dikunjungi saat traveling ke Ujung Kulon adalah Pantai Ciputih di daerah Sumur, Pandeglang, Ujung Kulon. Pantai ini memiliki pasir putih yang berkilau. Debur ombak menghiasi tepian pantainya.

Bagai melihat pantai dalam lukisan, ada banyak jejeran pohon kelapa menghiasi pinggiran Pantai Ciputih. Asyiknya, sebagian wilayah pantai ini telah dilengkapi dengan pembatas yang terbuat dari semen. Di sinilah lokasi favorit turis untuk menikmati pemandangan laut dari Pantai Ciputih.

Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah saat matahari terbenam. Saat itu, sang surya akan menunjukkan warna kemerahan yang perlahan tenggelam. Jika beruntung, kapal nelayan yang baru keluar menjadi bumbu manis sunset. Jangan lewatkan mengabadikan momen terbaik ini lewat lensa kamera Anda.


2. Pantai Cinibung

pantai cibinung


Tak jauh dari Pantai Ciputih, ada lagi pantai lain yang tak kalah cantiknya dengan Ciputih, Pantai Cinibung namanya. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, hanya saja pasir di Cinibung lebih putih dibanding yang ada di Ciputih.

Sama seperti Pantai Ciputih, Pantai Cinibung yang juga berada di daerah Sumur, Pandeglang, Ujung Kulon, dikelilingi jejeran pohon kelapa di pinggiran pantainya. Ombak di sini tidak terlalu besar, jadi cocok untuk traveler yang menggemari olahraga renang.

Ada pemandangan menarik yang mungkin jarang Anda temui di pantai lain. Penduduk di sekitar pantai, sibuk lalu lalang bukan dengan berjalan kaki, tetapi dengan motoir

Wuss! Motor penduduk tampak sibuk lalu lalang melaju di atas pasir putih Pantai Cinibung. Ya, penduduk sekitar pantai memang menggunakan tepi pantai sebagai jalan motor, karena jalan tanah di sana rusak. Inilah pemandangan unik yang mungkin hanya bisa Anda lihat di Ujung Kulon.

Satu lagi, jika beruntung wisatawan bisa melihat gerombolan kerbau dari anak hingga induk yang melintas di pantai. Sesekali sang anak kerbau tampak bermain ombak, kemudian kembali berjalan mengikuti induknya.


3. Pantai Karangranjang

pantai kerangranjang

Pantai cantik ketiga di Ujung Kulon yang juga harus wisatawan kunjungi adalah Pantai Karangranjang. Sesuai namanya, pantai ini berada di daerah Karangranjang.

Cukup sulit menjangkau pantai ini, karena Anda harus menembus hutan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), sekitar 1,5 jam dari Muara Laban di utara TNUK.

Pantai Karangranjang bisa dibilang spesial karena belum dijamah banyak wisatawan. Terpesona! Itulah kesan pertama yang dirasakan setiap turis yang datang. Tidak ada jejak kaki yang menghiasi bibir Pantai Karangranjang.

Hembusan angin juga terasa begitu kencang menyapa setiap pelancong yang datang. Suara debur ombak pun terdengar begitu kencang meski masih berada cukup jauh dari tepi pantai.

Begitu tiba, ombak besar seolah menari menyambut setiap turis yang datang. Ombak yang berasal langsung dari Samudera Hindia ini tampak bergulung tinggi di tepian pantainya. Inilah yang spesial dari Pantai Karangranjang.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2012/09/05/090519/2008232/1383/5/inilah-3-pantai-cantik-milik-ujung-kulon
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment