Thursday, September 27, 2012

Blogger Team Hapus Artikel Copas Yang Tidak Mencantumkan Link Aslinya

Akhirnya para blogger copas mendapatkan ganjaran setimpal atas perilaku mereka yang suka menjiplak atau mengcopas 100% artikel milik orang tanpa mau mencantumkan link sumber. Sebuah perilaku buruk blogger yang tidak patut untuk dicontoh dan ditiru. Kalau sobat adalah blogger newbie, hentikanlah perilaku ini sejak dini sebelum nantinya menjadi sebuah kebiasaan yang permanen karena anda terlanjur merasa nyaman jadi seorang tukang copas profesional. Semenjak saya memposting artikel Pro Kontra Copy Paste Si Vira saya sudah berkomitmen bahwa sewaktu-waktu saya akan mengambil tindakan secara langsung tanpa perlu melakukan teguran kepada pihak-pihak yang mengcopas artikel/konten di blog ini dengan tanpa mencantumkan link sumber, baik itu link aktif dengan anchor teks atau link url non aktif saja.
Beberapa hari terakhir saya memang sedikit merasa gusar dengan banyaknya penemuan artikel-artikel copas dari blog ini. Pelakunya mulai seorang blogger newbie dengan Alexa rank blog yang masih 0 atau No Rank sampai kepada blogger senior dengan blog berpagerank tinggi dan Alexa yang lumayan. Akhirnya saya pun memutuskan untuk melayangkan pengaduan melalui web form Google’s DMCA online karena blog ini terdaftar di layanan proteksi konten DMCA (Digital Millennium Copyright Act). Dan alhamdulillah pengaduan saya ditanggapi oleh Google dan Blogger Team dengan cepat hanya 1x24 jam dan akhirnya link artikel-artikel copas yang saya adukan dihapus secara permanen meskipun cache di Google masih ada. Screenshot dibawah adalah email terbaru yang saya terima tadi sore yang memberitahukan bahwa Blogger Team telah menghapus artikel copas yang saya laporkan. Dan terbukti saat saya coba meluncur ke link artikel tersebut, memang saya hanya menemukan halaman kosong dengan tulisan “Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist”.
 
 
 
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment