Wednesday, September 12, 2012

Jaringan OTAK Anak

Jaringan otak anak



Jaringan otak anak yang mendapatkan banyak stimulasi akan berkembang mencapai 80% pada usia 3 tahun !
Dibandingkan dengan waktu-waktu selanjutnya, rangsangan atau stimulasi yang anda berikan kepada anak anda selama tiga tahun pertama inilah yang akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan otaknya, dan menjadi dasar pembentuk kehidupannya yang akan datang.
Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana otak bayi tersebut dibentuk dan berkembang.
Seperti yang kita ketahui bersama, tubuh manusia dibentuk oleh sel-sel. Begitu juga dengan otak. Otak manusia mulai dibentuk pada saat bayi masih di dalam kandungan, tepatnya pada minggu ketiga setelah bertemunya sperma dengan sel telur. Pada saat bayi dilahirkan, dia sudah mempunyai kira-kira 100 milyar sel otak, tetapi sel-sel otak tersebut masih belum terhubung dalam satu jaringan antara satu dengan yang lainnya. Pada kondisi ini, otak masih belum ‘matang’.



Jaringan yang akan dibentuk oleh sel-sel otak inilah bagian yang sangat penting. Pembentukan sel-sel otak ini akan dipengaruhi oleh bagaimana bayi tersebut terhubung langsung dengan ‘dunia’. Dan dari kacamata bayi, dunia tersebut adalah ANDA. Anda adalah guru utama dan terpenting dari otak bayi anda. Meminjam istilah dari Dr. Bruce Perry diatas, “Andalah yang menjadi kepala arsitek pembentukan otak bayi anda”.
Bayi belajar dari cara anda melihatnya, dari ekspresi wajah anda yang anda tunjukkan kepadanya ; bayi mendengar bagaimana anda bicara, menyanyikan lagu atau membacakan buku kepadanya ; bayi merasakan bagaimana anda menyentuhnya. Sentuhan ini adalah hal yang paling penting, karena dengan sentuhan ini akan memberikan rangsangan kepada bayi supaya otaknya menghasilkan hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhannya.
Hubungan antar sel-sel otak dibentuk dengan adanya saling kirim-dan-terima signal. Signal yang berupa getaran aliran listrik ini mengalir dari sel yang satu ke sel yang lainnya, dan dengan bantuan zat kimia seperti serotonin, terbentuklah hubungan antara sel-sel otak tersebut. Rangsangan yang terus-menerus, yang anda berikan melalui bentuk kegiatan yang berulang-ulang, akan semakin memperkuat hubungan antar sel-sel otak. Satu sel otak mampu membuat 15.000 hubungan dengan sel otak yang lain. Hubungan yang sangat rumit inilah yang membentuk jaringan antar sel-sel otak.
Pengalaman yang diterima oleh bayilah yang akan menentukan bentuk jaringan di dalam otak. Sejak bayi lahir, jaringan ini akan dibentuk dengan cepat sekali, dan pada usia anak mencapai 3 tahun, otak anak anda akan membuat kira-kira 1000 trilyun hubungan, dimana jumlah ini adalah 2 kali lipat dari jumlah hubungan jaringan otak pada orang dewasa. Hubungan otak yang densitas/kerapatannya sangat tinggi ini akan tetap dipertahankan sampai dengan umur 10 tahun. 





sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment