Senin, 10 September 2012

Sikap Anak Terhadap Orang Tuanya

Sikap Anak Terhadap Orang Tuanya - Kita ada karena orang tua, dengan izin Allah SWT. Betapa besar jasa orang tua terhadap kita, ibu yang dengan susah payah mengandung, melahirkan dan begadang tiap malam menjaga sang bayi dari gigitan nyamuk demi kasih sayangnya terhadap kita. Maka sepatutnya kita memberikan rasa hormat terhadap beliau. Ini akan berimbas pada kita juga, karena suatu saat kita akan menjadi orang tua juga.
sikap anak terhadap orang tuanya

Ada beberapa sikap yang harus diperhatikan oleh setiap anak kepada orang tuanya:

1. Tidak memanggil kedua orang tua dengan nama aslinya, tetapi memanggil mereka dengan panggilan yang mereka sukai. Anak bisa memanggil dengan panggilan yang familiar di masyarakat, semisal: Ayah, Ayahanda, Ibu, Ibunda, Ummi, Abi, Abah, Mama, dll.

2. Tidak mendahului mereka ketika hendak duduk.

3. Tidak berjalan mendahului mereka.

4.Ramah dan murah senyum kepada orang tua.

5. Mau menasehati mereka dengan cara baik, dan tidak berlaku kurang baik kepada mereka tatkala beliau tidak menarima nasihat kita.

6. Memenuhi panggilan mereka dengan sikap tulus dan lemah lembut.

7. Memberi mereka makan tatkala mereka membutuhkan. Inilah wujud kasih sayang anak kepada orang tuanya yang sudah kepayahan dalam usianya. Ketika mereka berdua sudah tidak sanggup lagi menegakkan tulangnya untuk mengais rejeki, tentunya sebai anak Anda wajib memberi nafkah kepada orang tua.

8. Memberi pakaian tatkala mereka membutuhkan.

9. Melayani mereka tatkala membutuhkan

10. Menuruti kemauan mereka selagi dalam hal-hal kebaikan dan bukan sebuah keburukan.

11. Tidak mendahului mereka tatkala mereka makan dan minum, seyogyanya kita sebagai seorang anak mempersilahkan yang lebih tua dahulu.

12. Berdoa kepada Tuhan, agar memberi kebaikan keduanya di dunia dan akhirat.

13. Tidak mencari-cari kesalahan mereka dan menasehati mereka dengan cara yang baik dan lemah lembut tatkala mendapati orang tua dalam kesalahan.

14. Menghormati dan memuliakan keduanya.

15. Tidak sombong dan merasa ebih baik dari mereka.

16. Buat mereka merasa senang dan bahagia.

17. Bergaullah dengan cara yang baik, dan mintalah kepada orang tua agar beliau mendoakan kita menjadi anak yang berbakti.

Sumber: Kisah Teladan Bakti Anak Kepada Ibu Bapak, Media Hidayah
                                                                DOWNLOAD VIDEO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar