Thursday, June 21, 2012

Tips Cara Aman Naik Motor Malam Hari

Cara Aman Naik Motor di Malam Hari


Menunggang motor pada malam hari adalah salah satu pengalaman paling menyenangkan yang akan Anda hadapi pada sepeda motor Anda. Namun, naik sepeda motor malam  hari bisa juga menjadi aktivitas yang sangat berbahaya karena sulit bagi beberapa pengendara melihat Anda dan merespon untuk menghindari Anda dalam persimpangan. Dengan artikel ini saya mencoba memberi tips bermanfaat yang dapat membuat Anda naik sepeda motor pada malam hari lebih aman dan lebih menyenangkan. CMIWW hehehe apalagi kalau Anda penggemar motor matic injeksi irit harga murah yang hanya tinggal gas tanpa oper gigi.

Keselamatan bermotor bisa melalui dengan meningkatkan penglihatan jalan. Perlu diketahui, sementara sepeda motor Anda kurang lebih berukuran 1/12 dari ukuran mobil berjenis SUV, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kehadiran jalan visual Anda untuk sesuatu yang jauh lebih besar. Ini adalah fakta yang membuktikan bahwa kendaraan yang lebih besar lebih mudah untuk melihat dan menghindari.

Penyebab paling umum dari kecelakaan dan kematian bagi pengendara sepeda motor adalah pengendara mobil memutar ke kanan dan ke dalam jalur biker dari arah berlawanan. Jenis lain dari kecelakaan umum adalah di persimpangan dan tabrakan bagian belakang.

1.Berdoalah dulu sebelum bebepergian, dan pastikan tujuan Anda. Karena ini akan meningkatkan konsentrasi Anda dijalan. Karena banyaknya kecelakaan bermotor karena kurangnya konsentrasi Anda dijalan, sering melamun, gusar, dll.

2. Kenakan pakaian cerah. Jaket kulit hitam terlihat baik pada siang hari, tapi untuk malam hari Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengunakannya (ntar dikira hantu hehehe) karena mengenakannya akan mencerminkan cahaya yang sama dengan malam hari yaitu gelap. Pertimbangkan untuk menambahkan highlights neon (warna timbul) di bagian belakang jaket (seperti rompi polisi) dan memberi isyarat pesan-pesan untuk berhati-hati. Helm Anda juga merupakan tempat yang bagus untuk hal yang sama.

3. Pencahayaan Motor yang Bagus: Pencahayaan yang baik merupakan faktor penting dalam keselamatan Anda. Langkah pertama Anda adalah memeriksa depan dan lampu belakang. Jika Anda memiliki lampu rem kecil, pertimbangkan untuk mengganti lampu dengan model yang lebih besar.

4. Periksa lampu jarak dekat  dan lampu jarak jauh. Ini bertujuan sebagai kode untuk pengendara yang berlawanan arah. Disamping itu untuk mengetahui kondisi jalan didepan Anda sekitar 10 meter.

5. Tambahkan lampu berjalan ganda untuk sepeda motor Anda. Tiga lampu mungkin jauh lebih terlihat daripada lampu tunggal.

6. Tambahkan pita reflektif untuk sepeda Anda. Anda juga dapat membeli stiker reflektif untuk helm Anda. Apalagi jika Anda sedang melakukan touring bersama-sama keluarga Anda, atau dengan kelompok Anda waktu liburan keluar daerah. Ini juga sangat bermanfaat untuk peziarah kubur massal.

7. Pertimbangkan teknik mengemudi Anda: Apakah Anda mempercepat motor Anda sehingga tidak mampu berhenti pada waktunya? Apakah Anda mengemudi diantara kendaraan yang menunggu lampu merah untuk mendapatkan posisi terdepan digaris pembatas? Apakah Anda berlomba dengan pengendara motor lainnya? Apakah Anda mencoba untuk pamer di depan sekelompok besar orang?

Yang terpenting tetap dekat dekat jalur marka jalan saat posisi Aman. Di sinilah Anda paling terlihat. Mengendarai di tepi jalan (terlalu minggir)) menyebabkan Anda seperti berbaur dengan penerangan jalan. Mengendarai di tengah jalan itu juga berbahaya, karena hal ini biasanya adalah bagian yang paling licin jalan raya. Dan selalu memberikan diri Anda banyak ruang ketika melewati kendaraan lain di jalur perjalanan berikutnya, atau sebaliknya berilah ruang yang aman ketika pengendara lain akan melewati Anda.

Diolah berbagai sumber sedikit faedah dari Wikihow. Jika ada tambahan bermanfaat dari teman-teman  tentang Tips Cara Aman Naik Motor Malam Hari silahkan kasih masukan di komen ^_^

Sponsor: Sepeda Motor Injeksi Irit Kencang dan Irit.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment