Thursday, October 4, 2012

Subhanallah! 7 Fenomena Luar Angkasa yang Menakjubkan

Bila kita memandang ke langit apalagi saat cuaca cerah dan terlihat bintang-bintang bertaburan, kita akan merasakan benar-benar Maha Hebatnya Sang Khalik yang telah menciptakan alam semesta ini dengan Maha Sempurna. Di samping itu, kalau kita melihat gugusan bintang (galaksi) kita akan tersadar betapa kecilnya bumi kita dibandingkan dengan benda lainnya di alam semesta ini, seperti debu dalam lautan kosmos. Tertarik dengan keindahan alam semesta yang begitu menakjubkan, uniknih barusan baca artikel di merdekacom tentang 7 fenomena luar angkasa yang mempesonakan. Oke deh cekodiTTT artikelnya.


Luar angkasa adalah suatu tempat yang sangat menarik untuk selalu diamati dan dieksplorasi. Begitu banyak pasang mata mulai dari astronom, ilmuwan bahkan sampai fotografer yang mengabadikan setiap 'lukisan' yang terpampang di langit semesta.



Mulai dari penghujung tahun sampai mendekati akhir 2012 ini, terdapat banyak sekali hasil dari astrophotographer atau istilah dari fotografer yang mendalami dunia fotografi astronomi memamerkan karyanya dengan cara mengunggahnya di internet.


Dari (mungkin) ribuan hasil astrophotography tersebut, terdapat beberapa foto yang benar-benar dapat membuat mata tidak mau berkedip karena keindahan ciptaan Tuhan ini. Langsung aja CekodiTTT gan... 

1. Venus Transit

Mungkin dapat dikatakan bahwa kejadian ini adalah peristiwa astronomi terbesar sepanjang tahun 2012. Foto ini diambil ketika Venus melakukan 'perjalanannya' mendekati matahari dan terjadi hanya 105 tahun sekali. Dalam foto tersebut, bulan seakan-akan terlihat seperti buah jeruk besar dan Venus hanya berupa titik hitam kecil mengambang di permukaannya.



Supermoon adalah peristiwa semesta yang terjadi pada awal bulan Mei lalu. Pada saat itu, bulan hanya berjarak sekitar 221,802 mil dari bumi. Oleh karenanya, ukuran bulan menjadi sangat besar dan bersinar terang. Banyak orang biasa sampai astronom mengabadikan kejadian langka ini.


3. Eagle Aurora

Memang di beberapa belahan bumi lain sering muncul 'lukisan' alam yang disebut aurora. Namun, dari banyaknya aurora yang muncul, foto satu ini memiliki satu bentuk imajinasi yang khusus. Foto yang diambil di Norwegia ini memiliki bentuk mirip elang.fenomena luar angkasa


4. Whirpool Galaxy

Foto ini berhasil menyabet peringkat pertama di kompetisi  2012 Astronomy Photographer of the Year. Menurut penuturan di National Geographic, galaksi ini berjarak 20 juta tahun cahaya dari bumi. Warna-warna tersebut berasal dari bintang muda dan gas hidrogen yang ada di angkasa.fenomena luar angkasa


5. Witch's Broom

Foto di atas adalah sebuah supernova yang dinamakan Witch's Broom. Seperti yang dilansir National Geographic, Whitch's Broom ini adalah bintang di galaksi Bima Sakti yang meledak sejak ribuan tahun lalu. Supernova ini memiliki jarak 1.400 tahun cahaya dari bumi dan berada tepat di konstelasi Cygnus.


6. Earth from Mars

Foto ini adalah gambar yang diambil oleh robot milik NASA Curiosity. Dari foto di atas, nampak bahwa bumi seperti titik kecil yang mengapung di angkasa. Rencananya, Curiosity akan terus melakukan 'hobi fotografinya' sampai 2 tahun mendatang.



Pada tanggal 31 Agustus lalu, sebuah lidah api raksasa keluar dari permukaan matahari. Hal tersebut menurut para astronom disebut Coronal Mass Ejection (CME). Walaupun 'lidah' matahari ini cukup panjang, namun CME tidak akan secara langsung mengenai bumi, akan tetapi hanya berdampak pada magnetosphere bumi.




Sumber berita unik: merdeka.com/teknologi/7-fenomena-luar-angkasa-yang-mempesona.html
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment