Monday, October 8, 2012

Tips Cara Agar Bisa Bangun Pagi Hari

Kadang segala aktivitas sehari-hari mencerminkan keadaan kita. Salah satunya adalah bangun pagi. Bangun pagi kadang menjadi momok tebesar bagi seseorang, entah itu karena kebiasaan pemalas, atau karena ada faktor tidak disengaja seperti kecapekan dan lain-lain.



Salah satu manfaat bangun pagi adalah menjadikan badan sehat, apalagi setelah bangun pagi melakukan rutinitas olah raga rringan

Oke jadi kita tahu bahwa bangun dan melakukan hal-hal di pagi hari adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan kita dalam hidup. Kita bisa berolahraga, belajar, bekerja, membantu orang tua, dll jauh lebih baik daripada waktu lain hari. Namun, kebanyakan dari kita ada juga bangun pagi hanya untuk tab oli alias pipis, habis itu tidur lagi :)

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk bangun pagi? Bagaimana kita bisa bangun pagi dan siap untuk bekerja?
tips agar bisa bangun pagi

Cara untuk bangun merasa segar di pagi hari


Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang sehingga Kita akan bangun pagi dalam keadaan segar dan energik di pagi hari. Saya mencoba membaginya dalam tiga bagian:

Sebelum Tidur

1. Hindari kopi, Alkohol dan coklat
Agar hidup nyenyak jangan biatkan usus besar Anda merasa terganggu dengan mengkonsumsi makanan ini. Kopi, Alkohol dan coklat telah secara ilmiah terbukti mengganggu tidur Anda lebih dari makanan lainnya.

2. Ciptakan Ketenangan dengan Pasangan
Salah satu cara tidur mengerikan adalah ketika tidur masih ada sisa-sisa permasalahan dengan pasangan. Mana mungkin Anda akan nyenyak, setumpuk omelan mengganjal dalam pikiran. Maka sebelum Anda pergi tidur pastikan pasangan Anda senang (sebanyak yang Anda bisa) dan pastikan bahwa Anda senang dengan dia. Hal ini juga salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk hubungan Anda, apalagi tidur Anda. Bener ga? hehehe..

3. Berdoa dan menenangkan diri
Setiap malam sebelum kita tidur perlu melakukan sebuah aktivitas religi, kalau didalam islam kita dianjurkan untuk mengambil wudhu dan berdoa serta posisi tidur yang tidak tengkurap. Ini luar biasa karena memungkinkan Anda untuk membuang semua kekhawatiran hari dan melupakan kekhawatiran masa depan. Masa depan tidak dapat diubah saat Anda sedang tidur dan masa lalu hilang sehingga tidak ada gunanya kehilangan tidur di atasnya!

4. Jangan makan malam tepat sebelum tidur
Ini adalah ide yang buruk. Proses pencernaan membutuhkan waktu dan kita tidak ingin menghentikan proses pencernaan yang sedang bekerja. Cobalah dan biarkan beberapa jam di antara waktu tidur dan makan malam dan rasakan bagaimana efek dari tubuh Anda, tentu akan berbeda ketika kita makan langsung tidur.

5. Mengatur kamar Anda
Buat kamar Anda nyaman untuk posisi tidur. Singkirkan barang-barang diatas kasur.

6. Pergi ke toilet dulu
Ini mencegah kandung kemih Anda penuh saat tidur. Dan kebanyakan tidur Anda akan terputus dimalam hari.

7. Matikan api.
Banyak terjadi kebakaran karena orang sering lupa mematikan api di dalam rumah, semisal kompor, lilin, dll.
Resiko ini tidak hanya mengganggu tidur Anda, tetapi nyawa dan harta Anda akan terancam. Bijaknya sebelum tidur periksa dapur Anda.

Selama Tidur

1. Suasan tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin

2. Konsisten dengan Tidur.
Tidur yang tidak konsisten dan selalu berbeda waktu setiap harinya. Kadang 8 jam, kadang 5 jam, kadang 4 jam. Ini bisa menjadi momok terbesar kenyamanan tidur kita.

3. Hindari kebisingan.

Setelah Bangun Tidur:

1. Minum segelas air
Segelas air dingin pada waktu perut kosong sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan serta mencegah kita untuk tidur lagi.

2. Olah raga kecil
Coba lakukan gerakan-gerakan ringan untuk meregangkan otot-otot yang istirahat ketika tidur

3. Bangun langsung jangan menunda-nunda.

4. Bersyukurlah karena bisa bangun lagi.
Bagaimana seandainya kita bablas langsung meninggal saat tidur, dan kita belum berwasiat kepada keluarga?
Kita wajib bersyukur ketika Tuhan masih mengijinkan kita untuk membuka lembaran hari ini, kita wajib bersyukur kita masih diperkenankan oleh-Nya menghirup udara pagi.

Tips ini hanya sebuah tulisan, tinggal bagaimana kita akan menjalankannya. Pola hidup sehat alami ala Indonesia mungkin menjadi bahan tambahan agar kita bisa bangun pagi dalam keadaan segar bugar.

Mungkin Anda bisa memberikan tambahan tips ini?



                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment