Tuesday, October 23, 2012

Heboh, Ditemukan Candi Purbakala Dibawah Tanah di Bali

PENEMUAN CANDI DI DENPASAR
Warga Desa Penatih, Denpasar, menemukan struktur dasar bangunan purbakala berupa candi di bawah tanah. Candi ini ditemukan di halaman rumah I Putu Gede Candra Kirawan.

"Setelah saya gali sedalam dua meter, di sisi sebelah timur ternyata ada batu. Setelah digali dan dibongkar semakin banyak jumlahnya, kemudian saya laporkan ke Balai Arkeologi," kata I Putu Gede Candra Kirawan sang pemilik rumah di Desa Penatih, Kecamatan Denpasar Timur, yang menemukan bangunan candi purbakala, seperti dikutip dari Antara, Selasa (23/10).

Candra menuturkan bahwa sekitar sebulan lalu dia ingin membuat bak resapan air di sebelah timur halaman rumahnya. Namun kini hal itu urung dilakukan mengingat adanya penemuan struktur bangunan candi.

Ketua Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Denpasar Wayan Suantika bersama 11 orang melakukan penggalian di lokasi itu yang disebut sebagai situs Penatih.

Menurut dia, dilihat dari penemuan, bangunan itu merupakan struktur dasar candi yang diperkirakan telah ada sejak abad ke-14 Masehi karena gaya bangunan dan bahan penguat batu cadas tersebut digunakan masyarakat pada masa itu.

Wayan menilai, temuan berupa batu-batuan padas berbentuk balok tersebut merupakan temuan langka dan pertama kalinya ditemukan di Bali mengingat ukuran dasar candi tersebut terbuat dari batu padas berukuran besar.

"Temuan itu termasuk istimewa karena dibuat dari bahan batu padas besar berukuran 40x40 centimeter dengan panjang antara 100 hingga 120 centimeter. Sampai saat ini di Bali belum pernah ditemukan bangunan candi yang dibuat dari bahan seperti itu," katanya.

Sebelumnya setelah menerima laporan dari pemilik tanah, pihak Balai Arkeologi kemudian mengecek dan memastikan temuan tersebut pada Minggu (14/10) dan kemudian baru melakukan eskavasi pada Kamis (18/10).

Saat ini di lokasi penemuan pada sisi timur telah mencapai hingga 11 meter, dan struktur dasar candi masih ditemukan hingga di halaman sebelah utara rumah Candra Kirawan.

"Mudah-mudahan struktur yang berlanjut ditemukan kembali. Harapan kita selanjutnya akan bisa menemukan sudut bangunan sehingga bisa diprediksi berapa luas bangunan candi ini," katanya.

Pihak Balai Arkeologi rencananya akan melakukan penelitian dan penggalian untuk menemukan bangunan lain hingga 27 Oktober mendatang.



sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment