Monday, August 27, 2012

Bagaimana Cara Merekrut Karyawan Dengan Mudah?

Cara Merekrut Karyawan - Bagaimana cara mencari karyawan dengan mudah? Pertanyaan ini gampang-gampah susah. Mungkin buat bapak-bapak yang mempunyai sebuah usaha ingin mempekerjakan karyawan yang mumpuni kdang menjadi terkendala dengan beberapa hal, mulai susahnya tenaga terampil, kurangnya informasi, bahkan kadang-kadang membutuhkan proses yang rumit dan berbelit-belit. Saya hanya sekedar share dari apa yang saya tahu terkait perekrutan pegawai. Yah, siapa tahu ini bermanfaat buat bapak-bapak. Semoga saja. Berikut ini tipsnya:

1) Hubungkan perusahaan Anda dengan perguruan tinggi lokal atau sekolah-sekolah kejuruan.

Instruktur dari berbagai program bisnis terkait dengan usaha bapak dapat menjadi jalan pintas berharga untuk perekrutan karyawan. Dekati kampus yang mendidik siswanya dengan keahlian yang sesuai dengan bidangnya. Mungkin Anda wajib memperkenalkan diri ke institusi yang bersangkutan, menjelaskan apa yang Anda butuhkan, dan meminta rekomendasi yang cocok jenis karyawan untuk usaha Anda.

2) Terlibat dengan perguruan tinggi lokal dalam program pelatihan magang.

Program magang mahasiswa selalu mencari pengusaha seperti usaha Bapak untuk menyediakan penempatan pekerjaan yang cocok bagi mereka. Anda mungkin begitu mendesak untuk mendapatkan karyawan dengan keterampilan saat ini. Mungkin ini solusi sementara Anda mendapatkan karyawan terampil dengan cara murah dan aman, bisa juga Anda mengontraknya untuk bekerja paruh waktu.

3) Bekerja sama melalui program pemerintah.

Ada berbagai hibah dan sumbangan yang berkaitan dengan sponsor pemerintah dalam program kerja. Biasanya pemerintah merancang untuk menyediakan lapangan kerja bagi individu pengangguran yang memenuhi syarat. Kalau dinegara ini biasanya bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja.

4) Sewa mahasiswa.

Jika Anda bisa mendapatkan karyawan tanpa harus menjadi pegawai tetap untuk mengisi pekerjaan, sewa-mahasiswa-berbagai program yang tersedia dapat menjadi solusi dalam perekrutan karyawan dengan SDM yg mumpuni.

Sebagian perguruan tinggi atau universitas lokal, juga akan memiliki program sendiri untuk menyalurkan mahasiswanya dalam program magang kerja. Tentu ini menjadi tempat yang tepat untuk menemukan karyawan sementara bagi usaha Anda.

5) Gunakan agen tenaga kerja.

Agen tenaga kerja dapat menjadi rute langsung untuk menemukan dan merekrut karyawan yang Anda butuhkan. Seorang agen tenaga kerja yang baik akan mengurus semua perekrutan dan menyediakan pelamar kerja untuk Anda, bahkan mengirimkan Anda beberapa pelamar yang memenuhi kualifikasi untuk Anda dipilih.

6) Gunakan Iklan Internet Cara Murah Dan Efektif.

Ada situs yang dapat Anda gunakan untuk perekrutan karyawan. Anda juga dapat memposting lowongan pekerjaan

7) Gethok Tular.

Jika situasi perekrutan karyawan tidak mendesak, cobalah menggunakan informasi dari mulut ke mulut. Beritahu semua realsi Anda (baik bisnis dan pribadi) tentang posisi Anda sedang mencari pekerja untuk mengisi lowongan karyawan yang Anda cari.

Rekrutmen Karyawan Tidak Harus Menjadi Sulit bagi Anda sekarang. Semoga ada salah satu point di atas yang bisa menjadi acuan Anda untuk mendapatkan karyawan dengan Mudah.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment