Jumat, 31 Agustus 2012

NASA Temukan Jutaan Lubang Hitam


Sebuah teleskop luar angkasa menangkap adanya jutaan lubang hitam berukuran sangat besar dan galaksi-galaksi bersuhu tinggi. Benda-benda antariksa itu tertutup debu tebal sebelum ditemukan teleskop milik Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA bernama Wide-Field Infrared Survey Explorer (Wise).

Penglihatan Wise menembus gelombang panas dan memberikan gambar obyek-obyek paling cemerlang di jagad raya. Penemuan ini akan membantu ahli astronomi mengetahui bagaimana galaksi dan lubang hitam terbentuk.

Diketahui kebanyakan galaksi besar memiliki lubang hitam tepat di pusatnya. Lubang hitam itu menelan gas, debu dan bintang-bintang serta terkadang mengeluarkan cukup energi untuk menghentikan formasi bintang tersebut.

Bagaimana keduanya berevolusi, tetap menjadi misteri. Data Wise sudah menunjukkan sejumlah kejutan. Keberhasilan ini membuat Wise sekarang dikenal sebagai pemburu lubang hitam. "Kami telah mengepung lubang hitam," kata Daniel Stern dari NASA.

"Wise menemukan lubang hitam di seluruh penjuru langit," kata dia. Data dari misi Wise akan dipublikasikan agar para ilmuan di luar NASA dapat melakukan penelitian mereka sendiri, sehingga di masa depan akan ada banyak hasil riset dari sudut-sudut antariksa yang selama ini tersembunyi. (bbc/DOR)



sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar