Saturday, August 25, 2012

Kuaw si Penyanyi Hutan

Burung Kuaw. adalah salah satu burung yang selama ini mulai terancam populasinya akibat penjajahan dan pembabatan hutan. Kehidupan burung Kuau sendiri tidak banyak diketahui oleh masyarakat indonesia, hanya sebagian saja yang mungkin mengenal burung ini. Burung Kuaw ini walaupun memiliki tubuh besar, tidak memiliki postus seperti burung-burung kicauan, tetapi sebenarnya burung Kuaw ini juga memiliki suara yang indah. Hidup di tengah hutan hujan dan hutan tropis. Biasanya suara burung Kuaw ini akan memenuhi hiruk pikuknya suara-suara burung di hutan. Terdengar begitu unik dan cukup enak didengar.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Galliformes
Famili : Phasianidae
Genus : Argusianus
Rafinesque, 1815

keterangan gambar kiri : Argusianus argus







Kuaw adalah unggas yang tergabung dalam marga Argusianus.
Terdapat dua jenis burung Kuaw:


kuaw raja (Argusianus argus) dan
kuaw bergaris ganda (Argusianus bipunctatus).

Kedua jenis kuaw di atas hidup di Indonesia.

Kuaw bergaris ganda saat ini tidak pernah lagi ditemukan di alam, deskripsinya didasarkan pada sejumlah bulu yang dikirim ke London dan dipertelakan pada tahun 1871. IUCN memasukkannya dalam status punah.

Ternyata nama kuaw tidak hanya dipakai untuk marga Argusianus, di Malaysia terdapat juga nama kuaw yang diberikan pada kuaw kerdil Malaya (Polyplectron malacense).

Apakah di alam Indonesia masih bisa kita temukan burung kuaw ini ? kita berharap burung ini tidak punah, dan kita tetap bisa menikmati burung eksotik ini, serta mendengar betapa indahnya suara burung ini ketika berkicau di hutan.

sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment