Wednesday, August 22, 2012

Penemuan Monumen Maya Misterius 2012



Arkeolog di Guatemala menemukan teks berusia 1.300 tahun di reruntuhan Maya yang menyinggung "tanggal akhir" dari kalender Maya, 21 Desember 2012

Arkeolog yang bekerja di lokasi La Corona di Guatemala telah menemukan teks  berusia 1.300 tahun milik Suku MayaMaya yang hanya menyediakan referensi kedua tentang "tanggal akhir" yang disebut dalam kalender Maya, 21 Desember 2012. Penemuan ini, salah satu hieroglif yang paling signifikan yang pernah ditemukan dalam beberapa dekade, dan diumumkani di Istana Nasional di Guatemala.

"Teks ini berbicara tentang sejarah politik kuno yang lebih tua dari ramalan," kata Marcello A. Canuto, direktur Tulane Middle Amerika Research Institute dan co-direktur penggalian di La Corona.
Sejak 2008, Canuto dan Tomás Barrientos dari Universidad del Valle de Guatemala telah mengarahkan penggalian di La Corona, sebuah situs yang sebelumnya dirusak oleh para penjarah.

"Tahun lalu, kami menyadari bahwa para penjarah, dari bangunan tertentu telah membuang beberapa batu ukiran karena tidak dapat di jual di pasar gelap " kata Barrientos, "jadi kami tahu mereka menemukan sesuatu yang penting, tapi kami juga berpikir mereka mungkin telah  melewatkan sesuatu. "

Apa Canuto dan Barrientos telah menemukan teks paling tua di Guatemala??. Diukir pada sebuah tangga, itu mencatat 200 tahun sejarah La Corona,seperti yang dinyatakan oleh David Stuart, direktur Pusat Mesoamerika di The University of Texas di Austin, yang merupakan bagian dari ekspedisi 1997 yang pertama kali mengeksplorasi situs tersebut.

Sementara pada bulan Mei, Stuart mengakui referensi 2012 pada blok di tangga tersebut terdapat 56 hieroglif yang diukir dengan halus. Ini memperingati kunjungan kerajaan ke La Corona di AD 696 oleh penguasa Maya paling kuat saat itu, Yuknoom Yich'aak 'K'ahk Calakmul, hanya beberapa bulan setelah kekalahannya oleh lama Tikal saingannya di AD 695. Pemikiran oleh para ahli yang telah tewas dalam pertempuran ini, penguasa ini mengunjungi sekutu dan menenangkan kekhawatiran mereka setelah kekalahannya.

 "Ini adalah masa kekacauan politik di wilayah Maya dan raja ini merasa terdorong untuk menyinggung putaran waktu yang akan berakhir di tahun 2012," kata Stuart.
Jadi, bukan meramal, referensi 2012 menempatkan pemerintahan bermasalah raja ini dan prestasinya dalam kerangka kosmologis yang lebih besar. 

 "Dalam masa krisis, Suku Maya kuno menggunakan kalender mereka untuk mempromosikan kesinambungan dan stabilitas daripada memprediksi kiamat," kata Canuto.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment