Monday, July 30, 2012

Burung Kolibri, Pakan Burung Colibri



Burung Kolibri adalah burung yang mungil pandai terbang dan warna burung ini bermacam-macam dan burung kolibri ini kalau dihitung cukup banyak jenisnya.

Suara burung kolibri jarang terdengar, hal ini karena suara merupakan bunyi dengungan yang dibuat oleh sayapnya.

Selama musim perkawinan, kebanyakan jenis jantannya menyatakan perasaan dengan kicauan gembira seraya terbang mondar - mandir di depan sang betina, beberapa jenisnya bahkan mempunyai nyanyian merdu dengan kekuatan yang menakjubkan.

Sedangkan betinanya untuk menarik perhatian dari jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan akrobat di udara, seperti pada pesawat jet.

Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun.

Seperti Anda mungkin sudah tahu, mereka tidak makan biji seperti kebanyakan burung lainnya. Ada tiga cara yang berbeda yang dapat Anda lakukan untuk memberi makan kolibri: tanaman bunga dengan jenis yang tepat atau disukai burung di kebun Anda, membelikan pakan jadi, atau membuat sendiri.

Jika Anda punya kebun dan ingin menarik kedatangan kolibri, maka beberapa jenis tanaman yang baik untuk ditanam adalah jenis yang merambat berbau harum. Atau bahkan Anda bisa membuatkan wadah pakan untuk mencoba-coba siapa tahu kolibri mau mendkat ke wadah pakan yang Anda sediakan dan mau memakan/ meminumnya.

Makanan yang perlu Anda siapkan untuk kolibri adalah campuran air gula dengan perbandingan 1 bagian gula dan 4 bagian air. Didihkan saja air dan perlahan-lahan tambahkan gula. Biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dari kompor dan biarkan sampai dingin. Air gula seperti ini bisa disimpan di dalam lemari es.

Jangan tambahkan bahan makanan lain ke dalamnya, apalagi jenis-jenis larutan atau makanan berpewarna makanan. Ini tidak baik untuk burung. Juga jangan tambahkan pemanis lain. Pakai gula pasir biasa sudah cukup dan baik. Kalau Anda menggunakan madu, maka bisa terfermentasi dan tidak bagus untuk kolibri.

Jika Anda menggunakan feeder (wadah pakan burung untuk diberikan kepada burung-burung di kebun), pastikan Anda mencucinya setiap beberapa hari untuk mencegah tumbuhnya jamur. Jika Anda menciptakan kondisi yang tepat, maka Anda sudah menciptakan sebuah surga untuk burung yang indah itu.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment