Monday, July 2, 2012

10 Kesalahan SEO dan Link Building

SEO dan Link Building - Inilah manfaatnya kita berlangganan email pada website yang kita anggap perlu dan penting. Banyak informasi yang kadangkala kita tidak bisa mengikutinya di web, mungkin karena lupa atau karena kesibukan dll. Dan saya mencoba berlangganan email pada Sitepronews.com, siapa tahu ada informasi yang bisa diperoleh.

Benar saja ada email masuk dengan judul: 10 SEO and Link Building Mistakes (10 Kesalahan dalam SEO dan Membangun Link) saya mencoba membaca sedikit-sedikit yang bisa di fahami, kalaupun masih kesulitan dengan terpaksa menggunakan google translite :).

Begitu tercengang saya membacanya karena merasa tersindir dengan artikel ini dan menyadari betapa kesalahan yang saya lakukan tempo hari sangat fatal dan akhirnya dapat ilmu lagi deh.

Berikut 10 Kesalahan SEO dan Link Building yang Bisa Pahami:


Kesalahan 1 - Mengabaikan Optimasi SEO pada Onpage (Halaman Blog)
Saya pikir banyak orang yang mulai memahami pentingnya optimasi onpage untuk peringkat blog mereka. Terlalu banyaknya fokus pada link dan keyword pada artikel link tertentu dengan mengabaikan onpage yang juga penting untuk SEO.

Kesalahan 2 - Panik Ketika Peringkat Blog Menurun
Orang-orang benar-benar panik ketika mereka melihat penurunan peringkat mereka. Paling sering ini adalah karena hal yang kita sebut Google Dance. Semua situs web baru melalui apa yang disebut "honey moon" periode di mana situs Web mereka mempunyai peringkat sangat baik di awal, tapi setelah beberapa minggu blog mereka dalam hasil pencarian biasanya pada peringkat yang jauh lebih rendah. Dan sekali lagi, ini adalah alami.

Jika website Anda memiliki usia dan telah turun dalam peringkat, Anda mungkin perlu bekerja lebih keras untuk mendapatkan posisi Anda kembali. Anda mungkin perlu memperbarui konten Anda lebih sering, Anda mungkin perlu membangun backlink lebih atau Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali strategi SEO Anda. Algoritma Google yang sering berubah-akhir ini jadi penting untuk mengetahui apa yang mereka inginkan.

Kesalahan 3 - Menulis hanya untuk Search Engine
Ini adalah salah satu kesalahan terbesar saya buat hari demi hari (beritaburung9, pen). Kadang  menulis konten dengan kata kunci yang  mengerikan dengan tujuan agar robot google familiar.

Dan selalu ingat, jika memasukkan kata kunci Anda terlalu sering ke dalam posting Anda akan mengurangi sesuatu dari aliran alami dari artikel itu sendiri, maka jangan melakukannya dan terlalu berlebihannya kata kunci tersebut juga menyebabkan pembaca blog Anda merasa tidak nyaman. Google melakukan pengawasan sangat ketat terutama pada situs yang over optimasi. Selalu menulislah dengan sasaran pengunjung Anda dalam pikiran manusia bukan untuk robot, karena yang memerlukan informasi adalah orang berakal.

Kesalahan 4 - Membangun Ribuan Link Kualitas Rendah
Saya tidak percaya ini, masih terjadi dengan semua perubahan Google. Masih ada oknum di luar sana dengan ribuan peledakan link ke situs mereka dengan harapan mendaki SERP (terutama platform wordpress). Jenis link ini akan berdampak buruk pada peringkat Anda. Google membenci jenis link ini dan jika bisnis Anda adalah semata-mata tergantung pada strategi semacam ini, maka Anda sedang bermain dengan permainan orang bodoh. Satu  backlink yang PR (page range) 5  dari situs yang relevan akan jauh lebih kuat daripada satu juta link dari kualitas rendah, non-relevan pada situs jelek.


Kesalahan 5 - Tidak Sadar Nofollow dan Dofollow
Membangun banyak link ke salah satu website untuk mendapatkan SERP. Hal yang tampak bodoh, setelah sedikit menyelidiki ternyata menemukan hampir semua backlink ditempatkan pada halaman web yang nofollow. Tak perlu dikatakan, link tersebut sangat tidak efektif untuk peringkat sebagai link, karena backlink dofollow yang kita butuhkan.

Kesalahan 6 - Mengharapkan Hasil yang Cepat
Ambisius untuk mendapat uang di dunia online menjadikan anda sangat berapi-api untuk menulis banyak artikel, atau bahkan update posting sehari 5 kali. Lalu Anda menyadari ternyata google tidak menjadikan blog Anda halaman pertama saat itu juga. Anda patut kecewa bukan??

Kesalahan 7 - Tidak Menjadi Konsisten
Jika anda serius tentang membuat uang online maka Anda harus konsisten setiap hari dengan usaha Anda. Ini bisa menjadi batu sandungan terbesar bagi banyak orang. Hampir bagi saya. Anda dapat bekerja sangat keras untuk mendapatkan peringkat teratas mesin pencari google/yahoo untuk kata kunci tertentu, Anda masih harus konsisten dengan usaha Anda, pesaing Anda yang lain akan mengambil alih posisi Anda cukup cepat. Semua yang Anda lakukan dalam hal bisnis online Anda harus menjadi konsisten. Anda harus menempatkan pekerjaan dalam sehari-hari jika Anda ingin melihat hasil yang Anda harapkan.

Kesalahan 8 - Tidak Beragamnya Link Building Anda
Untuk membuat tampilan link Anda alami, penting untuk mendapatkan link balik dari berbagai sumber. Backlinks hanya satu direktori artikel dan tidak ada pada tempat lain misalnya membuat artikel tidak tampak alami dan dapat menurunkan peringkat Anda. Anda harus mendapatkan link dari situs media sosial, direktori artikel, blog, komentar blog, dll forum yang beragam. Sebuah situs web secara alami yang baik akan mendapatkan link dari banyak tempat, tidak hanya satu atau dua saja.


Kesalahan 9 - Tidak Mendapatkan Link ber-Page Rank Tinggi
Setiap hari Anda mencari backlinking, Anda harus mencari untuk menempatkan link Anda ke situs PR tinggi. Google menghargai link ditempatkan pada situs PR lebih tinggi secara eksponensial lebih tinggi dari situs PR rendah. Link ini jelas sulit untuk mendapatkan, tapi itulah intinya. Semakin sulit untuk mendapatkan link, semakin berharga link anda tersebut.

Kesalahan 10 - Jarang Memperbarui Konten Anda
Anda hanya berburu backlink untuk menaikkan trafick tetapi hanya mempunyai konten lawas beberapa tahun yang lalu. Kenapa tidak Anda ikat saja pengunjung Anda satu ini agar lebih tertarik dengan blog anda dengan konten terbaru, bisa jadi dia akan berlangganan artikel melalui email dan menjadi pembaca setia Anda.


Jangan hanya tertuju pada pemburuan backlink saja. Sementara itu ada cara lain yang bisa mendongkrak SERP Anda, adalah Google mencintai situs yang sering memperbarui konten. 

Artikel diatas saya sarikan dari sitepronews.com, karena ini sebagai pembelajaran penting bagi saya pribadi yang hobby blogging. Dan semoga bermafaat juga untuk Anda.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment