Rabu, 29 Agustus 2012

Mengapa air laut terasa asin ?


Yadibagayo blog- pernahkah dibenak anda bertanya mengapa air laut asin ? bagi yang tau ya syukur yang belum tahu yuukk kita cari tahu sama-sama.
anda pernah tidak main tebak-tebakan ?

pastinya pernah ya.. pasti juga pernah di tanyakan kenapa air garam terasa asin. mungkin ada diantara sobat semua yang jawab karena kena lidah makanya asin kalau kena mata pasti rasanya pedih, atau juga karena air laut asin karena air kencingnya binatang laut (ada..ada saja.. tapi kok air tawar tidak asin ya ?). atau juga ada versi jawaban kalau jaman dulu ada pedagang yang menjual garam dan dalam perjalanan di laut garam nya tumpah dan jadilah air laut menjadi asin.
hahaha.. jawaban yang benar adalah karena air laut menjadi muaranya semua sungai.

lho apa hubungan nya ?
ya karena air sungai mengandung mineral, prosesnya begini ni sobat
1. hujan membasahi daratan
2. air hujan yang jatuh ditanah lama kelamaan membawa garam mineral mengalir ke sungai.
3. setelah berada disungai kemudian air yang memiliki kadar garam mineral yang sedikit ini akan membawa air bermuara dilautan.

4. setelah bermuara dilautan dan bercampur dengan air laut maka di laut air akan menguap meninggalkan   garam mineral yang tadi terkandung di air.
5. air yang menguap akan mejadi awan dan menjadi hujan kembali sedangkan mineral akan terkumpul di lautan dan menjadikan air laut asin.
ini dia gambarnya

lalu kenapa air sungai tidak asin ?
air sungai tidak asin karena air sungai hanya mengandung sedikit mineral dan juga karena air sungai selalu mengalir sedangkan air laut tidak mengalir.


mengapa air di danau tidak asin kan air danau tidak mengalir dan juga berasal dari sungai ?
karena air danau tidak terlalu besar makanya penguapan air pun sedikit sedangkan air laut sanggat luas dan tentu pastinya penguapan air nya banyak ?

bagaimana apakah sobat sudah mengerti ?
saya harap begitu, sekarang sobat udah tau kan kenapa air laut rasanya asin semoga berguna sobat.
sekarang bisa menjawab tebak-tebakan donk... hehehehe




sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar