Wednesday, August 1, 2012

5 Makhluk Mitos yang Menyerupai Binatang

1. Griffin
Griffin merupakan makhluk lagenda yang merupakan gabungan dari dua raja binatang, yaitu Singa dan Rajawali. Ilustrasi Griffin mempunyai tubuh Singa, tetapi memiliki kepala dan sayap Rajawali. Mitos tentang mahkluk ini berasal dari Timur Tengah, ketika makhluk ini ditemukan dalam sebuah lukisan dan patung dari zaman Babilonia, Assyria dan Persia. Griffin ini laksana simbol atas kekuasaan yang berarti Raja didarat (Singa) dan juga sebagai penguasa udara (Rajawali). Didalam mitos Yunani, tugas mereka (Griffin) adalah untuk mengambil emas dari sungai Arimaspias didekat Hyperboreans, yang diperuntukkan pada Zeus.
2. Naga
Sejarah tentang lagenda Naga merupakan cerita yang universal di seluruh kebudayaan kuno di dunia, terutama untuk Eropa (mitologi Yunani) dan Asia (Cina, Jepang, Korea dan negara-negara Asia Timur). Makhluk lagedaris ini biasanya representasi mitologis dari reptil dengan digambarkan sebagai ular. Tetapi sejak abad pertengahan, telah terjadi perubahaan tentang gambaran Naga, yang mereka ilustrasikan dengan menggunakan kaki dan menyerupai kadal besar, dan mampu memancarkan api dari mulut mereka. Naga Eropa memiliki sayap seperti kelelawar yang tumbuh dari punggungnya.

3. Phoenix
Dalam mitologi Mesir, Phoenix adalah sejenis burung api legendaris yang keramat dan merupakan perwujudan jiwa dari Dewa Matahari Ra. Burung api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan. Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1000 tahun lebih. Setelah hidup selama itu, Phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, munculah burung Phoenix muda. Siklus hidup burung Phoenix seperti itu (regenerasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru.
4. Bigfoot
Bigfoot, juga dikenal sebagai Sasquatch. Bigfoot biasanya digambarkan sebagai makhluk besar, berbulu, bipedal humanoid. Bentuknya mirip dengan gorila setengah manusia yang konon menghuni hutan, terutama di Pacific Northwest wilayah Amerika Utara. Makhluk ini diperkirakan memiliki kecerdasan di atas kera, namun jauh di bawah manusia. Sejak pertengahan abad ke-19 telah ratusan laporan yang terkumpul dan mengatakan bahwa ada yang melihat makhluk ini. Bigfoot digambarkan sebagai sebagai mahkluk yang berjalan berdiri dengan tinggi sekitar 2 - 3 meter, tinggi dan berat lebih dari 225 kg, dengan lebar jejak kaki 43 cm. 
5. Yeti

Yeti atau manusia salju merupakan makhluk mitos yang menghuni Himalaya di Nepal dan juga Tibet. Beberapa dari masyarakat Himalaya yang "merasa" pernah melihat Yeti, mengatakan bahwa Yeti ini berbentuk seperti kera yang berwarna putih. Para peneliti ilmiah umumnya menganggap Yeti sebagai legenda, mengingat kurangnya bukti konklusif, namun tetap menjadi salah satu makhluk yang paling terkenal dari cryptozoology. Yeti dapat disejajarkan dengan Bigfoot dari Amerika Utara.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment