Monday, August 27, 2012

Pentingnya Meta Deskripsi untuk SEO

Saya sedang galau mau menulis apa lagi untuk mengisi artikel di blog ini. Apalagi sekarang sedang masa krisis PR Alexa yang terus anjlok mentok selama mengikuti kontes Iklan Internet mudah efektif berkualitas indonesia dan motor matic injeksi harga murah. Begitu drastis tis tis.

Saya akhirnya berinisiatif untuk tidak mempedulikan PR dari aleksa itu. Karena alexa bukan mesin pencari yang menjadi sumber patokan untuk memperkuat serp. Tapi saya  lebih  fokus untuk mendapatkan hati dan tempat kepada google dan yahoo. Untuk menambah ilmu yang seiprit ini masalah seo akhirnya saya melakukan ekperimen kecil-kecilan (daripada nganggur hehe..) mengetikkan kata kunci sederhana di google dan saya selalu mengamati setiap hasil pada halaman pertama.

Ternyata saya menemukan ilmu baru dari penelitian ini. Betapa pentingnya sebuah meta deskripsi blog!!
Benar, meta deskripsi adalah fundamental seo untuk menarik orang mengklik situs kita.  Saya ambil contoh meta konten yang ada pada facebook.


meta deskripsi facebook

Maka kita akan mendapati sebuah hasil google seperti di bawah ini:

meta deskripsi untuk SEO

Tidak sampai disitu saja, saya mencoba mencari referensi untuk menguatkan pendapat ini.  Akhirnya ketemu sebuah situs populer yang mendalami masalah ini.

Secara tidak sadar jika kita mengandalkan kunjungan blog dari mesin pencari maka yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki meta deskripsi ini. Karena orang tertarik mengklik sebuah situs yang mempunyai meta deskripsi unik.

Jadi ... Apakah Meta Deskripsi  itu?

Menurut Nell Terry dalam site-refence.com Meta Deskripsi  adalah Meta elemen dasarnya kode definisi dari bagian situs web blog kita setelah head dan mereka dinyatakan dalam format HTML atau XHTML. Setiap elemen meta menyediakan metadata tentang halaman sebuah situs . Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki beberapa elemen meta yang menentukan kata kunci tertentu dan deskripsi halaman dan lain-lain yang mendefinisikan bahasa situs atau letak geografis.

Sejarah Singkat Meta Deskripsi Meta

Lajut Nelly Terry, “Elemen meta deskripsi adalah elemen penting SEO di akhir tahun 90an. Karena algoritma waktu itu lebih cenderung meng-indeks terhadap elemen ini. Dengan elemen meta yang tepat, website dengan mudah bisa menempati tempat teratas untuk setiap kata kunci tertentu. “ Sehingga tidak memerlukan waktu lama penggiat internet bisa meraih posisi puncak meski dengan artikel situs jelek.
Dan saya (beritaburung9) menyukai sepenggal kalimat sederhana tetapi mempunyai makna yang luar biasa dari tulisan Nelly Terry ini, “Menulis untuk Manusia, Bukan Search Engine.”

Saya pernah menyinggung masalah ini tempo hari betapa pentingnya tujuan membuat situs, karena pengguna internet kita adalah manusia yang berakal bukan sebuah robot. Maka yang perlu diperhatikan adalah kita menulis untuk sebuah kemanfaat bagi diri kita dan orang lain.

Kembali ke masalah meta deskripsi, dalam tulisan tersebut di jelaskan bahwa meta deskripsi merupakan iklan internet murah efektif berkualitas untuk menjual situs kita. Karena meta ini bagian terpenting dalam SEO. Jika kita menulis meta deskkripsi dengan menarik maka kita pasti melihat peningkatan rasio klik per tayang.

Tips Menulis Keterangan Meta Deskripsi dengan Baik

Dari keterngan diatas tentu kita menjadi faham begitu pentingnya sebuah deskripsi halaman situs dan blog kita. Akhirnya saya akan menguraikan dari tulisan Nelly Terry ini untuk membantu kita bagaimana membuat deskripsi dengan baik. Monggo kita lanjut...

  1. Gunakan kata kunci yang Anda targetkan dalam uraian Anda. Bila Anda melakukannya, kata kunci akan muncul dalam huruf tebal dalam deskripsi meta ketika muncul di SERPs. Ini tidak akan meningkatkan daya peringkat Anda, tapi jelas akan membantu untuk menarik perhatian pembaca.
  2. Jika Anda menggunakan platform blogging seperti Wordpress, cobalah menggunakan plugin seperti All in One SEO Pack dan sejenisnya dan sebagian besar akan memungkinkan Anda untuk memasukkan kedua judul dan keterangan yang Anda ingin mesin pencari untuk ditampilkan. Dan  ini sangat bermanfaat ketika terjadi kesalahan pada slug url kita bisa memodifikasi judul dan meta pada plugin ini. Jika Anda menggunakan blog gratisan cobalah menggunakan blogdetik (tambahan dari beritaburung9)
  3. Pastikan bahwa Anda menggunakan meta deskripsi yang unik untuk setiap halaman. Jangan membuat tema meta deskripsi yang tidak ada sangkut pautnya dengan konten Anda.
  4. Jangan pernah menggunakan tanda kutip dalam deskripsi meta Anda.

Adakah diantara sobat blogger yang mempunyai pengalaman unik tentang meta deskripsi ini? Saya harap kita bisa berbagi dengan berkomentar hehehe...

Referensi: 
  • site-reference.com
  • Google
  • Pengalaman Pribadi
  • dll
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment