Saturday, August 11, 2012

Tips Aman Mudik Lebaran Pakai Motor Ala Pembalap Nasional

Tips Aman Mudik Lebaran Pakai Motor Ala Pembalap Nasional - Pembalap sepeda motor Indonesia, Doni Tata Pradita memberikan beberapa tips aman mudik lebaran menggunakan motor untuk anda yang akan melakuakan kewajiban pulang kampung tersebut. Menurut Doni, tips aman mudik lebaran pakai motor dikategorikan menjadi dua, yakni persiapan dari segi motor itu sendiri, serta persiapan dari sisi manusianya.

Dari segi sepeda motor setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan, meliputi perawatan, ganti oli, cek roda, rem, dan lampu.

1. Perawatan 
Lakukan perawatan tujuh hari sebelum mudik. Alasannya, kata Doni, sebagai langkah antisipasi apabila sepeda motor harus mengalami perbaikan lama sehingga perlu ditinggal di bengkel.

2. Wajib Ganti Oli
Pemudik yang menggunakan sepeda motor wajib mengganti oli kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja mesin saat perjalanan jarak jauh.

3. Perhatikan Rantai
Rantai motor harus disesuaikan pada posisi yang pas, idealnya tingkat ketegangan pada posisi 5-25 milimeter. Penggantian gear dan rantai, kata Doni, harus dilakukan jika gigi gear sudah tajam dan rantai terlalu renggang.

4. Roda 
Pastikan roda termasuk pelek pada kondisi prima. Ganti ban dalam dan luar sangat disarankan sebelum menempuh perjalanan jauh. Langkah ini dilakukan, kata Doni, untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat jalan licin. Perhatikan juga tekanan udara ban. Tekanan ideal untuk ban depan ialah 28 psi dan belakang 30 psi.

4. Rem
Ganti kanvas rem untuk memaksimalkan fungsi pengereman agar risiko kecelakaan bisa diminimalkan.

5. Lampu
Tips aman mudik lebaran pakai motor dari segi kendaraan yang terakhir adalah mengecek lampu, baik itu lampu depan, rem, dan sign. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Sementara itu, tips aman mudik lebaran pakai motor dari segi manusianya, Doni menyarankan agar para pemudik menyiapkan fisiknya, terutama untuk mereka yang menempuh perjalaan jauh. Doni menghimbau agar mereka beristirahat selama 30 menit setiap empat jam sekali. Disamping itu, tidak ugal-ugalan dan menerapkan prinsip safety riding juga merupakan hal yang wajib dlakukan oleh para pemudik.

“Jangan sampai dilupakan pemudik adalah surat-surat berharga, kenakan helm standar nasional, tidak ugal-ugalan, intinya safety riding,” Ujar Doni sebagaimana dilansir Tempo.co.

Demikianlah informasi mengenai tips aman mudik lebaran pakai sepeda motor, langsung dari seorang pembalap nasional, Doni Tata Pradita. Ingat, kecepatan bukanlah jaminan anda cepat sampai tujuan. Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung ke beritaburung9.blogspot.com.



Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/08/05/151421402
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment