Monday, August 20, 2012

Tempat Tersehat di Dunia


Rata-rata umur hidup seseorang yang melebihi umur 100 tahun hanya sedikit. Namun di Okinawa, setidaknya ada 457 orang yang umurnya lebih dari 100 tahun. Okinawa dianggap sebagai tempat tersehat di dunia, dimana umur rata-rata wanitanya mencapai 86 tahun, sedangkan pria mencapai umur 78 tahun. Tidak hanya berumur panjang, namun mereka juga sehat dan bahagia. Salah satu contohnya adalah Seikichi Uehara, seorang ahli bela diri berumur 96 tahun yang bisa mengalahkan mantan juara tinju berumur sekitar 30 tahun. Ada juga Nabi Kinjo, wanita berumur 105 tahun yang suka berburu ular beracun.

Rahasia orang Okinawa ternyata terdapat pada dua hal, yaitu makanan dan sikapnya menghadapi hidup. Karena mereka merasa bahagia, tidak terlihat rasa khawatir pada wajah mereka, apalagi rasa stres. Seorang petani berumur 88 tahun yang masih bekerja penuh selama 11 jam, berkata, “Saya tidak pernah marah. Saya sangat menikmati hidup karena saya menikmati pekerjaan saya. Saya pikir inilah obat untuk dapat panjang umur.”
Orang-orang yang sudah berumur lebih dari 85 tahun kebanyakan hanya menunggu kematiannya, sakit-sakitan dan berusaha hidup dari uang pension saja. Tapi tidak di Okinawa. Mereka memiliki prinsip untuk bisa hidup lama. Bahkan seorang nenek berumur 10 tahun masih mengharapkan untuk bisa hidup beberapa tahun lagi untuk bisa bersama dengan cucu-cucunya. Menurut orang Okinawa, umur 70 tahun masih dianggap anak kecil, umur 80 tahun remaja. Dan jika sudah mencapai umur 90 tahun, katakanlah pada Malaikat Kematian: “Saya masih ingin hidup. Pergilah dan kembali lagi saat saya berumur 100 tahun.”
Kebiasaan makan orang Okinawa juga merupakan salah satu faktor yang bisa menambah umur orang Okinawa. Mereka lebih sering memakan nasi, ikan dan sayuran daripada memakan daging. Salah satu makanan Okinawa yang terkenal adalah Mimiga, yang terbuat dari telinga babi. Makanan ini memiliki tingkat lemak yang rendah dan tinggi kalsium. Mereka juga banyak memakan tofu dan kentang. Kentang Okinawa memiliki kandungan lebih dari 20.000 IU beta karoten dan vitamin A.
Sayangnya, umur panjang di Okinawa tidak berlaku pada generasi muda sekarang akibat masuknya makanan cepat saji, sehingga anak-anak muda lebih memilih makanan tersebut daripada makanan tradisional. Mereka menganggap kalau makanan tradisional tidak enak dan tidak menyukainya. Karena kebiasaan makan yang berbeda inilah maka umur anak-anak muda lebih pendek dibandingkan dengan orang-orang tua yang lebih memilih makanan tradisional. Bahkan tingkat obesitas dan kanker paru-paru di Okinawa sangat tinggi dibandingkan tempat lain di Jepang. Nampaknya cara hidup sehat orang Okinawa akan segera hilang dalam beberapa tahun mendatang.




sumber
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment