Sunday, August 5, 2012

UGM Jadi Universitas Terbaik di Indonesia

beritaburung9.blogspot.com - Kampus asal Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali dinobatkan sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Data yang dirilis Webometrics pada hari kamis (02/08/2012) itu menunjukkan bahwa UGM berada diposisi sembilan sebagai universitas terbaik se-Asia Tenggara, atau universitas nomor satu di Indonesia.

Ada empat tipe kriteria penilaian yang dilakukan Webometrics, yakni presence, impact, openness, dan excellent. Presence merupakan volume konten global yang terindeks oleh commercial search engine terbesar (Google), impact adalah kualitas konten yang dievaluasi dari tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibility-nya menggunakan dua mesin pencari, Majestic SEO dan Ahrefs. Openness adalah jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar sedangkan excellence memperhitungkan karya akademik yang dipublikasikan di jurnal internasional yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago.

Menurut Kepala Bidang Humas UGM, Wijayanti menungkapkan bahwa kesuksesan UGM terpilih sebagai universitas terbaik di Indonesia tidak terlepas dari situs web UGM yang berhasil memenuhi kriteria penilaian.

"Kenaikan peringkat UGM menjadi nomor satu di Indonesia karena situs web UGM di www.ugm.ac.id berhasil memenuhi penilaian," kata Kepala Bidang Humas, Wijayanti sebagaimana dikutip Inet.detik.com.


Dibawah UGM, 10 universitas terbaik di Indonesia berturut-turut dihuni oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gunadarma, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Diponegoro.


Image : ugm.ac.id
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment