Tuesday, November 20, 2012

Tips Mendapatkan Ide Menulis Konten Blog

tips mendapatkan ide menulis

Layaknya warung toko untuk menarik minat pembeli kita harus pandai menyajikan produk/dagangan. Disamping murah juga layanan tentunya.

Rasanya hampir sama dengan blog kita, bagaimana mereka bisa mampir dan membaca blog kita. Tentunya mereka butuh konten yang informatif dan menarik.

Tapi sebagian dari kita sangat sulit menyajikan tulisan-tulisan tersebut termasuk aku sendiri.

Mau menulis apa blank, sudah mau menulis ngadat dijalan hehe sudah biasa menucl draft-draft di dasbor blog kita.

Kita Butuh Ide untuk Menulis Konten


Yup betul sekali, kita memang butuh ide dalam menulis konten. Setiap webmaster handalpun tahu kalau google saat ini lebih mencintai konten (natural tentunya bukan asal comot) dan dampak dari konten natural ini adalah meningkatnya lalu lintas pencarian.

Tulisan ini hanya sedikit membantu sobat blogger bagaimana menemukan ide untuk menulis sepenggal artikel di blog

Njih mongo dilanjut...

1. Google Trends - kamu bisa mencari topik yang nge-trend saat ini, buat keyword yang menjual sesuai dengan peristiwa populer. Kalau di Indonesia kayaknya masih seputar politik, kriminal, artis, dst

2. Memantau percakapan Twitter - Gunakan hashtag # dengan kata kunci tertentu untuk mencari apa yang orang bicarakan. Jika kamu menemukan percakapan yang menarik apalagi seorang tokoh, bisa tuh dibuat artikelnya

3. Google + - Sepertinya hampir mirip dengn twitter, biasanya ada notifikasi hastag dan trend yang populer di google +

4. Google Alerts - Bisa juga tuh kamu langganan dari fitur google ini,, ntar email kamu akan dikirimi keyword

5. Facebook - Bisa juga melihat status akun tokoh-tokoh yang populer di facebook

6. Stumble Upon - Cari stumblers yang menarik. Dari pengalaman pribadi topik-topik terhangat begitu mudah didapatkan, inspirasi gambar dll

7. Tanyakan pada Penggemar kamu - Jika kamu memiliki basis pelanggan yang besar, tanyakan kepada mereka apa topik menarik bagi mereka. Survei dan lakukan jajak pendapat.

8. Pengalaman Pribadi - Ini yang sering menjadi inspirasi konten. Menulis pengalaman pribadi secara mudah akan mengalir kalimat-kalimat yang ada dalam pikiran. Biasanya sih blog yang berisi tentang puisi, perjalanan hidup, dan cerpen dll.

9. Dari Buku - Memahami isi buku yang menarik, kemudian kamu tinggal jabarkan ide pikiran. Atau bisa juga kamu menyalinnya dengan menyertakan kredit sumbernya, toh itu juga membantu mengenalkan penerbit buku tersebut. Itung-itung enggak ada yang dirugikan karena mereka mendapat promosi gratis :)

10. Menterjemahkan artikel bahasa asing - Ini yang gampang, tapi tentunya sedikit resiko. Karena update google bisa mengenali artikel terjemahan, lebih-lebih jika menggunakan google translate.

Mungkin sementara itu dulu sobat blogger, artikel ini hanya sekedar sharing yan diolah berbagai sumber dan pengalaman pribadi. Sebenarnya masih banyak tips mendapatkan ide menulis konten di blog, atau mungkin kamu mau berbagi? Silahkan..
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment