Monday, November 26, 2012

Panduan (Metode) Ospek Mahasiswa Yang Baik

Saat tahun ajaran baru dimulai, kampus-kampus akan mengadakan kegiatan ospek bagi mahasiswa barunya. Kakak-kakak angkatan akan menyusun acara ospek bagi adik-adik angkatan baru yang akan segera memasuki dunia perkuliahan yang berbeda dengan kehidupan SMA.

Banyak yang setuju dengan diadakannya ospek namun banyak juga yang tidak setuju dengan adanya ospek. Padahal dari segi pembelajaran bagi MaBa (mahasiswa baru) terhadap dunia kampus, ospek bisa menjadi salah satu alternatif yang sangat baik. Awalnya untuk memperkenalkan aturan kampus ke mahasiswa baru. Mengakrabkan antar siswa. Menunjukkan tingkatan, situasi dan cara belajar yang berbeda. Sayangnya belakangan malah dipakai untuk menunjukkan senioritas kakak angkatan. Ini adalah ospek yang salah.

Tetapi perlu diingat bahwa ospek yang dimaksud disini merujuk pada ospek “yang sesungguhnya” yaitu orientasi studi dan pengenalan kampus. Konten dari ospek tersebut pun seharusnya benar-benar bermakna pengarahan orientasi studi pada mahasiswa baru yang bisa dikatakan masih asing pada bidangnya sekaligus pengenalan mahasiswa baru pada kampus secara umum.

Pembelajaran yang bisa diambil dari adanya ospek adalah mempererat rasa persaudaraan dengan teman satu angkatan. Dengan keadaan dimana harus saling mendukung dan sepenanggungan, egoisme dalam diri akan terkikis. Pembentukan karakter mahasiswa selama masa perkuliahan juga sedikit banyak ditentukan pada masa ospek. Pemahaman tentang aturan kampus dan kehidupan perkuliahan diperkenalkan saat ospek berlangsung. Kemudian sebagai tambahan pula sudah seharusnya mahasiswa baru juga diperkenalkan pada hak dan kewajiban serta tanggung jawab mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat, agar kemudian menumbuhkan mental mahasiswa yang tidak apatis dan anti-sosial.

Orientasi Mahasiswa sebagai sarana untuk memperkenalkan FKM seutuhnya kepada adik – adik kita. Seutuhnya yang meliputi :

1. Penanaman ideologi mahasiswa sebagai masyarakat, civitas akademi dan agen pembaruan

2. Pengenalan terhadap keilmuannya ( apa saja yang dipelajari , prospek kerja , dll )

3. Moralitas sebagai mahasiswa

4. Pengenalan kepada sarana dan prasarana dalam pembelajaran

5. Pengenalan terhadap individu – individu yang berada disekitarnya dan kondisi kekinian dari setiap individu tersebut.

Setuju atau tidak setuju, kegiatan ospek tetap dibutuhkan oleh para mahasiswa baru untuk memahasiswakan mereka setelah melewati fase siswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Metode ospek yang ideal bagi para mahasiswa baru seharusnya bertujuan agar mereka dapat memahami makna dari status mahasiswa yang kini mereka sandang. Apa pun metodenya, yang terpenting ialah metode tersebut tidak menyimpang dari makna ospek sebagai sarana menjadikan siswa ketahapn mahasiswa.

Setidaknya hal yang perlu ditanamkan para senior kepada para juniornya saat melakukan ospek ialah mengubah paradigma berpikir para mahasiswa baru agar dapat berpikir kritis dan global terhadap apa yang sedang dialami oleh bangsa ini. Nilai selanjutnya ialah memahami peran dari mahasiswa sebagai agent of change bagi bangsa Indonesia.

#Pasal 28 membuat video gambaran dari pendapat masyarakat terhadap ospek
                                                                DOWNLOAD VIDEO

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete