Monday, March 12, 2012

Ultrabook Notebook Bisa Terkena Virus

Hati-hati Ultrabook Notebook Juga Terkena Virus

Ultrabook Notebook - Kalau anda pengguna perangkat komputer tentunya tak asing lagi dengan istilah virus, dunia sempat dibuat gembar dengan adanya virus, sehingga para ahli komputer membuat tandingan dengan nama Anti Virus, Anti virus sendiri sebenarnya juga virus, tetapi dengan kata lain sebagai virus putih. Dia akan melawan virus-virus jahat yang menggangu kinerja PC maupun Notebook. Tak tercekuali juga Ultrabook Notebook, Loh kok bisa kena virus. Ya jelas bisa karena Ultrabook Notebook juga berjalan dengan perangkat Lunak berupa windows 7.

Virus banyak ragamnya, dan banyak cara untuk penyebarannya. Bahkan dia bisa berpindah melalui media-media berupa Flasdisk, Email dan pluggin bahkan HP anda bisa terkena Virus. Berbeda dengan CD, virus tidak mau menyebar pada media ini.

Masih ingat dulu awal tahun 2000an, gempar dengan virus I Love You, saya tidak tahu pasti bagaimana penyebarannya. Ternyata pembuat virus adalah 2 remaja yang lagi kasmaran, sebagai ungkapan cinta sang lelaki pada wanitanya. Duh, buat virus kok demi cinta.

Selama penulis mengenal Notebook dan komputer, telah banyak menemui berbagai macam virus, mulai yang ganas, yang menyebalkan dan virus yang mudah di hilangkan dengan cara manual untuk mengatasinya tanpa Anti Virus dan install Ulang. Install ulang bukan alternatif hanya untuk menghilangkan virus, karena virus itu cepat penyebarannya, bahkan penulis pernah dapati seorang teman yang Notebooknya baru terinstall windows belum 5 menit sudah ada virusnya,  loh kok bisa? Tentunya Anda akan bertanya-tanya kan? Saya jawab, sangat bisa, Anda tentu tahu media Flasdisk, ternyata itulah penyebab Notebook teman terkena virus. Ada virus di Flasdisk yang berjalan dan menyebar melalui Auto.run, biasanya virus jenis ini tingkatan yang paling berat virus Sality dan conficker, Anda bisa cari di internet tentang kinerja dari virus salaty dan virus Conficker. Virus banyak macamnya lihat Virus Stuxnet.

Untuk Acer Aspire S3 jenis Ultrabook Notebook Tipis, juga sangat riskan terkena virus, sebagaimana penulis jelaskan diatas, Ultrabook Notebook Acer Aspire berjalan pada Windows 7 silahkan lihat Spesifikasi dari Ultabook Notebook ini di: ULTRABOOK NOTEBOOK TIPIS HARGA MURAH TERBAIK. Dulu sempat orang berkeyakinan jika memakai Vista dan Windows 7 akan aman terhadap serangan Virus. Memang penulis akui, dulu ketika lounching pertama Windows Vista maupun Windows 7 masih minim dari serangan virus, karena para pembuat virus waktu itu belum dapat membuka celah untuk menyebarkan virus. Tetapi seiring berkembangnya zaman, pembuat virus ini makin pintar, mereka juga bersaing dalam  adu ilmu dengan pembuat Anti Virus. Sama halnya  dengan Linux, pengguna linux saat ini patut berbangga karena serangan Virus jarang terjadi padanya. Tapi tidak tahu untuk ke depannya. Kembali ke topik , secara garis besar Ultrabook yang berjalan dengan windows bisa terkena virus. Kalau menurut ane yang miskin ilmu masalah komputer ini beberapa yang lalu pernah menangani sebuh kasus Notebook kepunyaan Temen yang menggunakan windows 7 terkena virus Shorcut, virus yang menyebalkan dengan menduplikat banyak file dengan ekstensi *.lnk. Tak tanggung-tanggung shorcut yang berkembang biak di notebook tersebut mencapai ribuan, bahkan Flasdisk yang di colokkan akan terhidden. Padahal Notebook tersebut terpasang anti virus.

Apakah Notebook, Netbook, Ultrabook Notebook dan Komputer Anda Terkena Virus?

Kadang virus itu menjadi momok bagi kita, apalagi kalau yang awam seperti saya. Sungguh sangat mengganggu sekali. Bahkan Anda mungkin juga ketakutan jangan-jangan file kerja Anda akan hilang dan terhapus. Yang saya tahu sebagian besar virus tidak mengekskusi file anda untuk di delete, dia bersifat mengelabui dan menghidden file, seolah-olah file dalam Notebook/komputer hilang. Tapi sebagian kasus User mengalami filenya hilang, kenapa bisa terjadi demikian? Penulis yang awam ini menulusuri ternyata file yang hilang dari data kita karena kecerobohan user itu sendiri, karena panik biasanya flasdisklangsung di format ulang. Atau mengira file tersebut asing dan kita mendeletnya, padahal itu adalah file aslinya.
Banyak cara Anda mengetahui apakah Notebook, Netbook, Ultrabook Notebook dan Komputer Anda Terkena Virus:

1. Gunakan Anti virus yang Update, ini akan mendeteksi secara dini dari serangan-serangan virus.

2. Cermati perubahan kinerja Notebook, Netbook, Ultrabook Notebook atau Komputer Anda, misalnya tiba-tiba internet tidak berjalan, atau waktu start up lama, loading lama.

3. Periksa Msconfig, regestry, dan folder option komputer, karena sebagian virus yang bekerja dengan menghidden induk filenya agar tidak di ketahui letaknya, sehingga dia selalu menghidden file dan folder, untuk memeriksa nya Anda lihat dengan menekan ctrl+E dan pilih menu Tools dan klik folder option, kemudian anda pilih view dan ada pilihan :Hidden Files and folders” anda pilih show hidden files and folders, jangan lupa adan uncek (buang centang) pada “Hidd Extensions for known files typed”  lalu OK, kalau sudah Anda ulangi lagi dan lihat apakah masih tetap atau berubah, jika masih tetap maka Anda sedikit lega, karena Notebook, Netbook, Ultrabook Notebook dan Komputer Anda agak aman dari Virus. Tapi, kalau sudah anda centang dan kembali defaut, berarti alamat Notebook, Netbook, Ultrabook Notebook dan Komputer Anda Terkena Virus.

4. File Flasdisk Anda langsung terhidden.

5. Banyaknya file-file ganda yang membentuk shorcut, (biasanya ada tanda panah) dan ukuran dan tanggal filenya sama.

6. Dll…

Mungkin untuk semetara itu dulu yang saya sharing masalah virus, mohon maaf masih belajar juga dalam dunia IT. kalau ada teman-teman yang lebih tahu, silahkan share di komen.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment