Thursday, May 17, 2012

Google Translate Jadi Andalan 200 Juta Orang


Kehadiran Google Translate bisa dibilang menjadi terobosan yang luar biasa bagi perkembangan pengetahuan manusia, terutama dalam hal bahasa. Bagaimana Tidak, diawal kemunculannya, Google Translate mampu menyihir jutaan orang untuk terus menggunakan jasa kamus online tersebut. Bahkan saat ini pengguna Google Translate sudah menembus angka 200 juta orang. Wow, pencapaian yang luar biasa bukan ?


"Dengan kata lain bila penerjemah manusia yang profesional di dunia memproduksi dalam satu tahun, berarti sistem kami melakukannya dalam sekitar satu hari," tulis peneliti Google Translate Franz Och sebagaimana dikutip Detikinet dari Blog Franz.

"Dengan perkiraan ini, sebagian besar terjemahan di planet ini sekarang dilakukan oleh Google Translate," tambahnya, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (27/4/2012).

Layanan terjemahan ini diluncurkan pada 2001 dengan delapan bahasa yang dapat diterjemahkan ke dan dari Bahasa Inggris. Seiring waktu, Google menambahkan lebih banyak bahasa dan akurasinya.

Saat ini, layanan ini dapat menerjemahkan kalimat dalam waktu kurang dari satu detik dan bekerja dalam 64 bahasa yang berbeda, termasuk Islandia, Swahili, Basque, Azerbaijan, dan Welsh.

Och mengatakan ia yakin bahwa mayoritas pengguna Google Translate mengakses layanan tersebut saat bepergian. Menurut statistik perusahaan, lalu lintas mobile melesat empat kali lipat selama beberapa tahun terakhir dan 92 % lalu lintas datang dari luar Amerika Serikat
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment