Sabtu, 03 November 2012

Sel Gabus Batang Singkong

gabus batang singkong

Mencermati Sel Gabus

Laporan kali ini akan menjelaskan atau menerangkan kepada Anda dari hasil pengamatan jaringan sel gabus pada batang singkong. Untuk itu kami menyusun dan membuat laporan agar bisa diambil faedahnya.

Berikut laporan milik saya.

Tujuan

Mengamati struktur sel-sel epidermis pada sel gabus batang singkong.

Alat dan Bahan

    -Mikroskop
    -Kaca preparat
    -Kaca penutup
    -Cutter
    -Gabus batang singkong

Cara Kerja

    1. Kupas lapisan epidermis yaitu siung dari bawang merah menggunakan cutter! Potonglah sebagian kecil bawang merah, kemudiah patahkan. Lepaskan lapisan epidermis yang tersisa.
    2. Letakkan di atas kaca preparat, tutup dengan kaca penutup.
    3. Amatilah sel epidermis dengan mikroskop.

Hasil Pengamatan

Jaringan gabus mempunyai sifat lebih kuat daripada epidermis, terdapat di bagian tepi alat-alat tumbuhan. Pada tumbuhan yang berumur panjang, bila epidermis telah mati atau tidak aktif, maka jaringan gabus ini menggantikan fungsi epidermis yaitu sebagai pelindung jaringan di bawahnya. Jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus yang disebut felogen. Sel-sel gabus mengandung suberin dan kutin. Letak jaringan gabus rapat antara satu dengan yang lainnya. Ruang antarselnya tidak ada, sehingga sukar ditembus air dan gas. Dengan adanya celah-celah atau pori-pori pada lapisan gabus yang disebut lentisel, maka kesulitan itu dapat ditanggulangi karena air dan gas-gas bisa menerobos dan melaluinya.
                                                                DOWNLOAD VIDEO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar