Tuesday, November 13, 2012

Atlet Wanita Ini Ternyata Lelaki

Pinki Pramanik

Polisi India, Senin (12/11/2012), mendakwa seorang atlet perempuan peraih medali emas internasional dengan tuduhan memerkosa bekas partnernya setelah tes medis menunjukkan bahwa dia sesungguhnya seorang pria.

Pinki Pramanik, yang mundur dari dunia atlet tahun 2007 setelah memenangkan medali emas dalam lari estafet 4 x 400 m beregu di Asian Games 2006, didakwa setelah sebuah laporan selesai dibuat oleh sebuah dewan medis yang dibentuk untuk menentukan jenis kelamin Pramanik.

"Tes medis telah menegaskan bahwa Pinki bukan seorang perempuan," kata BN Kahali, ketua dewan tersebut. "Pinki seorang pria pseudo-hermafrodit. Kami telah  menyampaikan laporan medis itu ke pengadilan distrik."  Pria pseudo-hermafrodit secara genetik adalah laki-laki genetik, tetapi memiliki sejumlah karakteristik fisik dan identitas perempuan.

Prabir Roy, petugas berwenang di pos polisi Baguihati di Kolkata, mengatakan, atlet itu didakwa melakukan perkosaan dan pemalsuan. Pramanik, 26 tahun, ditangkap pada Juni dan dipaksa untuk menjalani tes jenis kelamin menyusul tuduhan dari seorang perempuan yang sebelumnya tinggal di flatnya bahwa ia telah diperkosa Pramanik.

Penangkapan Pramanik dan tuduhan terkait jenis kelaminnya menimbulkan sensasi di India. Kelompok-kelompok hak asasi menyatakan bahwa privasi atlet itu telah dilanggar pihak berwenang dan media massa di Kolkata. Atlet itu, yang merupakan putri seorang petani miskin di pedesaan Benggala Barat, juga memenangkan perak dalam lari estafet 4 x 400 m di Commonwealth Games 2006 sebelum ia akhirnya berhenti berlomba pada tahun berikutnya.

Otoritas atletik India, Senin, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Sumber : http://internasional.kompas.com/read/2012/11/13/08272173/Seorang.Atlet.Perempuan.India.Ternyata.Pria?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kpopwp
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment