Sunday, June 24, 2012

Prostat & Fungsi Kelenjer Prostat

Gejala Kanker Prostat, Gambar Gejala Kanker Prostat

Prostat adalah nama kelenjar yang bentuknya dibungkus oleh serabut otot-otot. "Letaknya ada di panggul laki-laki," ujar Rainy.

Fungsi dari prostat ini adalah sebagai fungsi reproduksi bagi laki-laki. Prostat membuat cairan untuk menutrisi sperma. Bentuknya tak terlalu besar, namun fungsinya vital. "Bisa menimbulkan masalah besar walau bentuknya kecil seperti ini," ujarnya pada Republika dalam acara "Kenali dan Waspadai Kanker Prostat" di Jakarta.

Masalah di prostat ini akan timbul jika kelenjar yang bentuknya kecil ini mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali, yang disebut dengan kanker prostat. Sebelum pada tahap kanker, prostat ini juga sering mengalami masalah dan kelainan. Saat usia muda, jika pria sering mengalami stres, prostat sering mengalami radang yang disebut dengan prostatitis.

Prostat juga bisa membesar, namun tak mengalami keganasan. "Ini namanya pembesaran prostat jinak," tuturnya. Permasalahan yang paling gawat adalah ketika prostat ini sudah mengalami tahap kanker. Kanker di sini berarti pertumbuhannya sudah tidak bisa dikendalikan lagi.

Para ahli belum bisa menyebut dengan pasti penyebab kanker prostat. Yang jelas, menurut Rainy, penyakit ini tidak menular. "Namun, bisa juga karena faktor keturunan, meskipun kecil, hanya sekitar lima persen saja," ujarnya.

Selain itu, banyak pasien yang mengalami kanker prostat ini, datang ke dokter dalam keadaan yang sudah terlambat. "Mereka datang sudah parah, jadi tidak bisa diobati dengan maksimal," tuturnya.

Baca juga: Gejala Kanker Prostat
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment