Wednesday, June 13, 2012

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga yang Mengesankan

Tak terasa liburan kenaikan kelas anak-anak sudah tiba, tentunya para orangtua ingin membuat putra-putrinya yang sudah berkutat di bangku sekolah selama setahun dan akan segera naik kelas, senang dan bahagia. Salah satunya adalah mengajak mereka melepas kepenatan belajar dengan berwisata bersama keluarga. Ada banyak jenis wisata liburan yang bisa menjadi alternatif wisata, dari yang memerlukan biaya besar sampai yang hanya membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar. Yang suka pantai bisa pergi ke Pulau Bali atau ke Lombok. Untuk orang Jakarta, kalau mau yang tidak terlalu jauh bisa juga pergi ke Pulau Seribu atau Pulau Anyer. 
Untuk yang anggaran untuk berlibur agak cekak, masih bisa kok liburan. Di sini akan diulas beberapa tips liburan hemat tetapi tetap berkesan bagi keluarga. Langsung aja disimak gan! 
  1. Sebaiknya Persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika kita mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentunya akan lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari penghasilan  bulanan kita selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang diperlukan.

  2. Anda bisa mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel, yang biasanya bisa menawarkan harga lebih murah. Tetapi, apabila kita ingin bepergian sendiri,sebaiknya ketahui terlebih dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja (shopping) bagi yang ingin membeli oleh-oleh, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

  3. Mengenai masalah biaya transportasi dan akomodasi, akan bagus sekali jika kita bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Kita dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

    Kalau agan merasa repot untuk mencari hotel, di bawah ini ada fasilitas kotak  pencarian hotel yang difasilitasi oleh agoda.com, semoga bisa membantu. Agan tinggal ketik nama kotanya di kotak pencarian berikut ini:














  4. Anda harus Cermat dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas / landmark tempat tersebut. Hindarilah pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

  5. Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Akan menjadi lebih baik jika kita memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir kita sedang berkunjung. Selain menghemat waktu, ini bisa menghemat ongkos juga.

  6. Perlu menjadi pertimbangan! Tempat belanja yang tidak populer / tidak terkenal biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya selain bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tentunya bisa menghemat kocek kita.

  7. Jangan lupa! untuk selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih higienis / sehat, kitapun bisa terhindar dari jajan yang tidak perlu.

  8. Sebaiknya bawalah uang saku sesuai dengan budget. Dan tetap catat semua pengeluaran selama perjalanan dari awal hingga akhir.

  9. Bila kita mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa low season”. Kita bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season”. Ini baru namanya liburan hemat.

  10. Terakhir, Bila budget Anda saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak. Bahkan rumah pun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Yang terpenting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.
Semoga tips berlibur bersama keluarga yang telah disajikan di atas bisa bermanfaat untuk agan-agan semua terutama yang sudah berkeluarga dan sudah punya putra-putri.
Sumber: iknow.co.id edited
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment