Friday, December 21, 2012

10 Ide Kreatif Membuat Karya Unik Dengan Kardus Bekas

beritaburung9 - Banyak kardus-kardus bekas yang tidak terpakai disekitar kita, yang sebenarnya dapat kita manfaatkan. Permasalahan yang sering ditemui adalah, bagaimana memanfaatkan kembali kardus-kardus bekas yang tersimpan di rumah. Terkadang ingin dibuang, tetapi takut jika diperlukan lagi, jika disimpan malah menjadi bingung akan dipakai untuk apa?


lampu meja dari kardus bekas



Membuat karya dengan kardus bekas sebenarnya dapat menghemat pengeluaran belanja dan yang lebih penting sebenarnya adalah kepuasan setelah menyelesaikannya. Mengolah kembali kardus bekas juga merupakan salah satu cara untuk mendukung gerakan lingkungan hidup yang dapat kita lakukan. Dengan desain dan teknik tertentu, mengolah kardus-kardus bekas akan menjadi lebih menyenangkan. Berikut ini adalah cara-cara kreatif mengolah kardus-kardus bekas yang juga dapat kamu lakukan di rumah.



1. iPad Stand dari Kardus Bekas



ipad stand dari kardus bekas

ipad stand dari kardus bekas 2



Stand iPad dari kertas kardus bekas ini dirancang oleh Alessandro Garlandini untuk Comieco, sebuah perusahaan daur kertas ulang yang berasal dari Italia. Untuk mengetahui langkah-langkah dan video proses pembuatannya dapat dilihat disini .



2. iPhone Desk Stand dari Kardus Bekas



iphone desk stand



Berbagai macam jenis iPhone stand dapat ditemukan di tempat penjualan aksesoris iPhone, tetapi kamu juga dapat membuatnya dengan cara mudah. Untuk membuat iPhone stand seperti ini yang dibutuhkan hanyalah kotak kardus bekas iPhone, atau kamu juga dapat menggunakan kardus bekas lainnya. Langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat disini.



3. Rumah Bermain Kucing dari Kardus Bekas



cat house play cat card board



Bagi kamu yang memiliki kucing piaraan, kamu dapat membuat rumah bermain dengan menggunakan 3 kotak kardus dengan langkah-langkah pembuatan yang mudah. Desain ini dibuat oleh Martha Stewart, untuk melihat langkah-langkah pembuatannya selengkapnya dapat dilihat disini .



4. Makedo Giant Wind Ball



makedo giant wind ball



Desain bola raksasa yang akan berputar mengikuti arah angin ini terinspirasi oleh desain Guru Makedo Satoshi Tanaka. Makedo adalah mainan anak-anak yang dibuat dengan menggunakan kardus karton (card board). Desain-desain Satoshi Tanaka terkenal dengan keindahannya, simple, dan menarik secara visual. Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat disini .



5. Pohon Natal dari Kardus Bekas



pohon natal kardus bekas 2



Pohon Natal unik dari kardus bekas ini di desain oleh Martha Stewart. Dibuat dengan menggunakan kertas karton dan kertas berwarna, bahan-bahan yang sering kita jumpai. Kita juga dapat membuatnya dengan melihat langkah-langkah pembuatan yang dapat dilihat disini .



6. Rumah Burung dari Kardus Bekas



sarang rumah burung kardus bekas



Rumah burung unik dari kertas kardus ini dibuat oleh Jesse Harrington dengan menggunakan software Computer-Aided Design (CAD) 123D. Kita juga dapat membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan disini . Jesse Harrington juga menyediakan pola yang dapat kita download serta video proses pembuatan desainnya.



7. Lampu Belajar dari Kardus Bekas



lampu meja dari kardus bekas



Desain Lampu unik dari kertas kardus ini juga dibuat oleh Jesse Harington, yang sebelumnya juga telah menjelaskan bagaimana ia membuat rumah burung dari kertas kardus. Teknik yang digunakan untuk membuat desain lampu ini sama seperti yang ia gunakan dalam membuat desain rumah burung dengan menggunakan bantuan software CAD 123D. Langkah-langkah pembuatannya, beserta polanya yang dapat kita download dapat dilihat disini.



8. Laptop Stand dari Kardus Bekas



laptop stand kardus bekas



Kertas kardus memiliki keunggulan, mudah untuk dibentuk dan memiliki ketahanan yang lebih kuat. Kita dapat membuat laptop stand sendiri dengan kertas kardus cukup dengan membuat pola-pola tertentu. Untuk penjelasan selengkapnya disini .



9. Rak dari Kardus Bekas



rak dari kardus bekas



Selanjutnya akan dijelaskan bagaimana membuat rak dari kertas kardus bekas. Membuat karya dengan kardus bekas dapat menghemat pengeluaran untuk belanja dan yang lebih penting sebenarnya adalah kepuasan setelah menyelesaikannya. Dengan kreativitas, kardus-kardus bekas yang semula tidak terpakai dapat digunakan menjadi hal yang berguna. Untuk mengetahui proses pembuatan rak dari kardus bekas ini dapat dilihat disini.



10. Celengan dari Kardus Bekas



celengan dari kardus bekas



Dengan desain dan penambahan sedikit aksen warna, ternyata kardus bekas yang sepertinya kurang menarik dapat dibuat menjadi lebih menarik dan memiliki nilai fungsi. Dengan peralatan sederhana kita dapat membuat celengan unik dari kardus bekas. Untuk langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat disini
                                                                DOWNLOAD VIDEO

No comments:

Post a Comment